Saya masih berusia empat tahun ketika Skotlandia terakhir kali tampil di putaran final dan seluruh generasi saya melewatkan hal itu,
Jakarta (ANTARA) - Andy Robertson mengaku bisa mengantarkan tim nasional Skotlandia ke putaran final Euro merupakan mimpinya sejak masa kecil.

Bek Liverpool itu berpeluang mewujudkan mimpinya ketika melawat ke Stadion Rajko Mitic, Belgrade, menghadapi Serbia dalam final playoff Euro 2020 pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Baca juga: Serbia lolos ke final playoff EURO Jalur C, disusul Skotlandia

Jika terwujud itu akan menjadi penampilan ketiga Skotlandia di putaran final Euro, setelah absen lima edisi dan terakhir kali ambil bagian dalam Euro 1996 di Inggris.

"Saya masih berusia empat tahun ketika Skotlandia terakhir kali tampil di putaran final dan seluruh generasi saya melewatkan hal itu," kata Robertson sebagaimana Reuters dari BBC Sport pada Rabu malam.

"Tentu saja ini menjadi suntikan tenaga tambahan, untuk menghadirkan senyum di wajah lima juta orang di kampung halaman kami," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Robertson puji kiper Marshall yang bawa Skotlandia menang adu penalti

Robertson kini mengemban ban kapten Skotlandia yang di bawah arahan Steve Clarke melewati delapan laga nirkalah dan mencapai final playoff dengan menyingkirkan Israel lewat adu penalti bulan lalu.

Jika lolos ke putaran final, Skotlandia akan tergabung dengan Inggris, Republik Ceko dan Kroasia sesuai hasil undian yang dilakukan beberapa bulan silam.

Dengan demikian, separuh dari laga mereka akan dimainkan di Hampden Park, Glasgow, yang terpilih menjadi salah satu kota penyelenggaraan turnamen.

Baca juga: Irlandia Utara, Slowakia butuh adu penalti ke final playoff EURO
Baca juga: Makedonia tantang Georgia di final playoff EURO Jalur D
Baca juga: Hongaria, Islandia berhadapan di final playoff EURO Jalur A

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020