Jakarta (ANTARA) - Tim nasional sepak bola Skotlandia lolos ke putaran final EURO seusai menyingkirkan Serbia lewat adu penalti yang berakhir 5-4 dalam laga playoff Jalur C di Stadion Rajko Mitic, Belgrade, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Skotlandia unggul sejak menit ke-52 saat Ryan Christie menyelesaikan umpan sodoran Callum McGregor, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sayangnya, langkah Skotlandia ke putaran final tertunda setelah Luka Jovic menyamakan kedudukan tepat di pengujung waktu normal dengan menyundul bola sepak pojok kiriman Filip Mladenovic untuk memaksakan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Serbia malah hampir berbalik mengalahkan Skotlandia pada menit kesembilan babak tambahan pertama saat Nemanja Gudelj melepaskan tembakan keras tetapi kiper David Marshall melakukan penyelamatan gemilang.

Baca juga: Antar Skotlandia ke putaran EURO adalah mimpi masa kecil Robertson

Skor imbang 1-1 yang tak berubah hingga 120 menit pertandingan memaksa pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Dalam adu penalti sembilan penembak pertama kedua tim sama-sama sukses menyarangkan bola ke gawang, sampai akhirnya tiba giliran Aleksandar Mitrovic sebagai algojo pemungkas Serbia.

Marshall melakukan penyelamatan gemilang untuk menghentikan bola tembakan Mitrovic dan memastikan langkah Skotlandia ke putaran final EURO.

Keberhasilan itu membuat Skotlandia kembali ke putaran final EURO setelah terakhir kali tampil di turnamen itu pada 1996 silam.

Skotlandia akan tergabung di Grup D EURO 2020 bersama Inggris, Kroasia dan Republik Ceko.

Andy Robertson cs bakal menjamu Ceko di Hampden Park pada 14 Juni 2021, sebelum bertandang ke Inggris empat hari berselang dan kembali ke markas mereka sendiri menghadapi Kroasia pada 22 Juni.

Baca juga: Goran Pandev antar Makedonia debut di putaran final EURO
Baca juga: Hongaria amankan tiket putaran final EURO setelah tundukkan Islandia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020