Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil meraih peringkat di sejumlah kategori dalam acara penganugerahan Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan Tahun 2020 dari Kementerian Kesehatan RI, Selasa.

Penghargaan tersebut diterima secara virtual oleh Pelaksana Tugas Asisten Sekretaris Daerah (Asekda) II Kabupaten Sleman Budiharjo beserta pimpinan OPD terkait, di Smart Room Dinas Kominfo Sleman.

Budiharjo mengatakan penghargaan yang berhasil disabet Pemkab Sleman yaitu peringkat 3 kategori Teminal Sehat Tipe C, Teminal Condongcatur, Depok, Sleman.

"Selain itu, Sleman juga berhasil meraih sejumlah penghargaan pada kategori Rumah Makan, Restoran, Jasaboga dan Sejenisnya yang sudah menjalankan protokol kesehatan di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)," katanya.

Baca juga: Kemendes PDTT raih penghargaan Mitra Bakti Husada 2020

Menurut dia, rumah makan, restoran dan jasaboga diraih rumah makan dan restoran binaan Pemkab Sleman yang berhasil meraih penghargaan pada kategori tersebut yakni PT Sarina Vidi sebagai Peringkat ll dan CV Shana Sejahtera di peringkat lll.

"Sementara untuk juara l kategori Jasaboga Golongan A diraih Sari Dewi Catering, sedangkan kategori Restoran Hotel berhasil diraih Hotel Grand Cokro sebagai Juara ll," katanya.

Ia mengatakan, dengan banyaknya kategori yang berhasil diraih Kabupaten Sleman tersebut, maka Kabupaten Sleman memborong banyak penghargaan sehingga berhak disebut sebagai juara umum.

"Secara umum Sleman boleh dikatakan sebagai juara umum," katanya.

Budiharjo mengatakan, Pemkab Sleman memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada OPD dan semua pihak yang telah bekerja dengan baik sehingga mampu meraih sejumlah penghargaan.

Baca juga: Wali Kota Probolinggo terima penghargaan dari Menkes

"Diharapkan penghargaan ini menjadi semangat bagi seluruh 'stakeholder' untuk terus meningkatkan kinerjanya, yang tujuannya tentu untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sleman," katanya.

Sedangkan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, dalam sambutan virtualnya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Kesehatan Nasional ke-56, dengan tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat".

Ia menyebutkan pihaknya terus berkomitmen untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Maka menurutnya upaya ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kesehatan lingkungan di tempat dan fasilitas umum, seperti di Pelabuhan (Pelabuhan Laut dan Bandar Udara), Rumah Sakit/Fasyankes, dan Terminal serta Tempat Pengelolaan Pangan (TPP).

Penyelenggaraan kegiatan ini juga turut melibatkan lintas sektor, antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan lainnya.

Baca juga: Menkes beri penghargaan pada tenaga kesehatan yang gugur

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020