Lonjakan kasus COVID umumnya baik untuk dolar dan mata uang safe-haven lainnya seperti yen dan franc Swiss, tetapi berita positif vaksin kurang lebih melawan itu
New York (ANTARA) - Dolar AS tergelincir untuk sesi kelima berturut-turut pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), meluncur ke level terendah lebih dari satu minggu, saat berita vaksin positif mengimbangi lonjakan kasus Virus Corona dan pembatasan ekonomi yang lebih ketat di seluruh Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Pasar menunjukkan sedikit lebih banyak minat untuk mengambil risiko, dengan kenaikan dalam mata uang yang meningkat pada saat sentimen membaik seperti sterling, dolar Selandia Baru, dan krona Norwegia.

Pfizer mengumumkan bahwa hasil akhir dari uji coba tahap akhir vaksin COVID-19 menunjukkan 95 persen efektif, meredakan pasar yang lelah akan pandemi. Itu mengikuti berita bahwa Moderna Inc merilis data awal untuk vaksinnya, menunjukkan efektivitas 94,5 persen.

Baca juga: Harga emas jatuh 11,2 dolar AS, tertekan kabar positif kemajuan vaksin

Jumlah kematian harian global yang dilaporkan akibat Virus Corona mencapai 10.816 pada Selasa (17/11/2020), menurut penghitungan Reuters, jumlah kematian satu hari tertinggi. Amerika Serikat, negara yang paling parah terkena dampak di seluruh dunia, telah melaporkan sekitar 11,38 juta infeksi dan 248.574 kematian sejak pandemi dimulai.

"Lonjakan kasus COVID umumnya baik untuk dolar dan mata uang safe-haven lainnya seperti yen dan franc Swiss, tetapi berita positif vaksin kurang lebih melawan itu," kata Kepala Global Strategi Valuta Asing BMO Capital Markets, Greg Anderson, di New York.

Dolar sebagai tempat berlindung yang aman diperkirakan akan melemah secara keseluruhan karena ekonomi global membaik setelah vaksin didistribusikan secara luas.

Baca juga: Harga minyak naik satu persen, terkerek euforia berita vaksin terbaru

Meskipun demikian TD Securities yakin dolar memiliki ruang lebih lanjut untuk reli dalam jangka pendek mengingat pasar terlalu melebih-lebihkan "waktu dan skalabilitas" distribusi vaksin.

Dalam catatan penelitian terbaru Ahli Strategi Valas Senior TD Securities Mazen Issa merekomendasikan untuk mengambil sikap defensif dalam beberapa minggu mendatang, mencatat bahwa "optimisme pasar yang luas telah melampaui kenyataan dan bahwa kabar baik terkait perlombaan vaksin sudah ada dalam harga."

Baca juga: Saham Spanyol berakhir naik, Indeks IBEX 35 terdongkrak 0,59 persen

Dalam perdagangan sore, indeks dolar tergelincir 0,1 persen menjadi 92,312, setelah turun ke 92,207, terendah sejak 9 November.

Bitcoin, kadang-kadang dianggap sebagai tempat berlindung yang aman, atau setidaknya lindung nilai terhadap inflasi, naik menjadi lebih dari 18.000 dolar untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun. Terakhir berdiri sekitar 17.590 dolar, turun 0,4 persen.

Baca juga: Saham Inggris balik menguat, Indeks FTSE 100 terangkat 0,31 persen

Euro sedikit berubah pada 1,1864 dolar. Pada Rabu (18/11/2020), Polandia dan Hongaria memblokir paket keuangan Uni Eropa 1,8 triliun euro (2,14 triliun dolar AS) untuk menghidupkan kembali ekonomi yang tertekan pandemi COVID-19.

Sterling, sementara itu, naik 0,2 persen terhadap dolar menjadi 1,3279 dolar setelah laporan dari surat kabar Sun bahwa Perdana Menteri Boris Johnson diberitahu oleh negosiator Inggris memperkirakan kesepakatan perdagangan Brussel awal pekan depan, dengan "kemungkinan zona pendaratan" secepatnya Selasa depan.

Baca juga: Saham Jerman bangkit dari kerugian, Indeks DAX 30 naik 0,52 persen

Dolar turun 0,3 persen terhadap yen menjadi 103,865, dengan mata uang Jepang menutup sebagian besar kerugian yang dideritanya minggu lalu setelah Pfizer mengumumkan telah mengembangkan vaksin COVID-19 yang berfungsi.

Baca juga: Saham Prancis terus untung, Indeks CAC 40 terangkat lagi 0,52 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020