Keputusan ini mempertimbangkan perkiraan inflasi rendah, stabilitas eksternal terjaga dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (19/11) kemarin, mulai dari Bank Indonesia (BI) yang menurunkan tingkat suku bunga acuan hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengajak para CEO di Asia Pasifik untuk berinvestasi di Indonesia dalam acara APEC CEO Dialogues 2020.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. BI turunkan suku bunga acuan jadi 3,75 persen

Bank Indonesia (BI) menurunkan tingkat suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 3,75 persen berdasarkan keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) 18-19 November 2020.

“Keputusan ini mempertimbangkan perkiraan inflasi rendah, stabilitas eksternal terjaga dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam jumpa pers virtual usai RDG BI edisi November 2020 di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


2. Kementerian BUMN tunjuk BKI jadi induk holding BUMN jasa sertifikasi

Kementerian BUMN memutuskan untuk menunjuk PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) menjadi induk holding di bidang jasa pengujian, inspeksi, dan sertifikasi.

Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Kamis, mengatakan terdapat tiga BUMN yang bergerak dalam bidang pengujian, inspeksi, dan sertifikasi yakni PT Biro Klasifikasi Indonesia, PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia.

Baca selengkapnya di sini


3. Jumlah wisatawan ke Pulau Komodo mulai melonjak dalam 3 bulan terakhir

Balai Taman Nasional Komodo mencatat kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo selama tiga bulan terakhir ini mulai Agustus-Oktober 2020 sebanyak 5.719 orang.

"Biasanya setiap hari rata-rata 400 orang mengunjungi pulau Komodo, tetapi karena COVID-19 kawasan ditutup. Sekarang sudah dibuka kembali dan jumlah kunjungan wisatawan mulai ada peningkatan," kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang Nistyantara, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


4. Menteri Edhy kunjungi AS guna perkuat budi daya udang Indonesia

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengunjungi Amerika Serikat, dalam rangka menyambangi Oceanic Institute di Honolulu, Hawaii, guna memperkuat optimalisasi budidaya udang secara berkelanjutan di Indonesia.

"Selasa malam Pak Menteri bersama pendamping bertolak dan transit dulu di Korea Selatan. Alhamdulillah telah tiba di Los Angeles untuk transit menjalani tes pcr/swab sebagai syarat wajib masuk Hawaii," ujar Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agung Tri Prasetyo, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


5. Presiden Jokowi ajak para CEO di Asia Pasifik investasi di Indonesia

Presiden Jokowi optimistis kebijakan ekonomi Indonesia di masa pandemi akan berdampak positif dan memberikan insentif bagi pengusaha dan pelaku bisnis.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara APEC CEO Dialogues 2020 yang diselenggarakan secara virtual, sebagaimana diunggah melalui video Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020