Palembang (ANTARA) - Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Sumatera Selatan (Sumsel) berupaya meningkatkan pengamanan perairan pesisir untuk mencegah berbagai tindak kejahatan melalui jalur laut dan sungai.

"Untuk meningkatkan pengamanan perairan pesisir itu dibangun kemitraan dan pembinaan kepada masyarakat sekitar daerah aliran Sungai Musi dan pesisir pantai timur," kata Direktur Polairud Polda Sumsel Kombes Pol Y.S Widodo di Palembang, Jumat.

Baca juga: Polairud tangkap dua anggota kawanan perompak di Sungai Musi

Menurut dia, melalui upaya tersebut diharapkan personel Polairud dapat melaksanakan tugas dengan baik di wilayah perairan provinsi yang memiliki Sungai Musi yang cukup panjang dan berada di jalur pantai timur Sumatera.

"Wilayah perairan Sumsel yang cukup luas memerlukan pengamanan maksimal sehingga dapat dicegah berbagai tindak kejahatan, yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Ditpolairud Polda Jambi bantu distribusikan logistik pilkada serentak

Dia menjelaskan, untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan masyarakat menyambut HUT ke-70 Polairud, dalam sepekan ini pihaknya menggelar bakti sosial di sejumlah kawasan permukiman penduduk di daerah aliran Sungai Musi dan perairan pesisir.

Kegiatan yang dapat mempererat hubungan masyarakat dengan Polri dan meningkatkan partisipasi masyarakat mendukung tugas penegakan hukum di wilayah perairan akan terus dilakukan secara intensif.

Baca juga: Polairud Polri bantu amankan perairan Papua cegah penyelundupan

"Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif di wilayah perairan," ujar Dirpolairud.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020