Jakarta (ANTARA) - Layar lipat saja tampaknya tidak cukup untuk menawarkan tampilan baru untuk sebuah perangkat, kini sejumlah produsen teknologi berlomba-lomba mengembangkan layar gulung, tak terkecuali LG yang dikabarkan mengajukan laptop layar gulung.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu, sebenarnya telah merilis TV dengan layar yang bisa digulung pada awal tahun ini, dan kini beralih ke segmen perangkat yang lebih kecil dengan laptop yang dilengkapi panel yang dapat digulung 17 inci.

Baca juga: Oppo perkenalkan ponsel layar gulung

Baca juga: Samsung beri petunjuk kehadiran "ponsel gulung" masa depan


Menurut gambar paten, seperti dilaporkan dalam laman Gizchina, Sabtu, layar gulung berukuran 17 inci itu akan dikemas dalam laptop berukuran 13,3 inci -- yang kemudian dapat diperluas ketika gulungan layar dibuka.

Tampilan ini persis seperti Rollable TV LG di mana pengguna dapat menentukan ukuran dan sistem akan menyesuaikannya. Saat dibuka gulungannya, laptop akan menyerupai soundbar seperti halnya TV. Tidak seperti laptop standar pada umumnya, perangkat LG tersebut akan memiliki tombol daya di sisi kanan.

Paten tersebut juga mengungkapkan perangkat tersebut tampaknya akan memiliki webcam yang juga dapat digulung. Selain itu, panten menyebutkan bahwa layar yang dapat digulung itu dapat berdiri sendiri dan dilepaskan dari dock ketika tidak sedang tidak digulung.

Hal ini dapat menjawab kekhawatiran atas kemampuan tampilan layar dapat berdiri sendiri ketika benar-benar dibuka dari gulungan. Paten tersebut juga mengungkapkan bahwa mousepad secara eksternal dapat digabungkan dengan keyboard yang kemudian digabungkan pada layar.

Pengajuan paten tidak selalu berarti bahwa perusahaan secara aktif mengerjakan teknologi tertentu. Terkadang mereka hanya mencoba melindungi ide dan konsep untuk digunakan di masa mendatang.

Selain laptop, LG dikabarkan diam-diam tengah menggarap smartphone dengan layar yang dapat digulung yang diberi nama Rainbow untuk dirilis di kuartal pertama 2021.

Sementara itu, Oppo awal pekan ini telah memperkenalkan smartphone konsep Oppo X 2021 dengan tampilan layar yang dapat digulung.

Samsung juga dikabarkan tengah mengembangkan smartphone layar gulung, setelah belum lama ini eksekutif perusahaan sedang membawa ponsel yang belum pernah muncul di publik sebelumnya, yang diduga ponsel layar gulung

Baca juga: LG Indonesia mulai pasarkan masker penjernih udara di tengah pandemi

Baca juga: Hyundai ungkap konsep kabin IONIQ bersama dengan LG

Baca juga: LG mulai jual ponsel layar putar bulan depan

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020