Denpasar (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Denpasar, Provinsi Bali, mencatat sebanyak 23 orang dari 182 orang yang dirawat, sembuh dari COVID-19.

Juru Bicara Tim GTPP COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat di Denpasar, Senin, mengatakan berdasarkan data GTPP Denpasar tercatat 23 orang sembuh, tetapi kasus positif juga mengalami penambahan sebanyak 17 orang yang tersebar di 12 desa dan kelurahan setempat.

"Kasus positif mengalami lonjakan di satu wilayah desa/kelurahan, yakni Kelurahan Padangsambian yang mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan tiga kasus baru, disusul Desa Sanur Kaja, Desa Pemecutan Kelod dan Kelurahan Sumerta yang mencatatkan penambahan kasus sebanyak dua orang.

Sedangkan sebanyak delapan desa/kelurahan lainnya mencatatkan penambahan kasus masing-masing satu orang dan sebanyak 31 desa/kelurahan nihil penambahan kasus.

Baca juga: GTPP Denpasar sebut 27 orang sembuh dari COVID-19

Baca juga: GTPP Denpasar rancang langkah antisipasi lonjakan COVID-19


Dewa Rai mengatakan bahwa beragam upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona risiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Sehingga bagi desa/kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius GTPP COVID-19 Kota Denpasar lewat pendampingan yang dikoordinir oleh camat.

Hal tersebut, kata dia, dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

"Mari bersama-sama lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua kluster, yakni kluster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih mendominasi, hal ini mengingat arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi," ujarnya.

Dengan demikian, kata Dewa Rai, secara akumulatif perkembangan kasus COVID-19 di Kota Denpasar menunjukkan angka kasus positif sebanyak 3.660 kasus, jumlah pasien sembuh mencapai 3.396 orang (92,79 persen), meninggal dunia sebanyak 82 orang (2,24 persen), dan yang masih dalam perawatan sebanyak182 orang (4,97 persen).

Terkait upaya menekan angka kematian akibat COVID-19, Dewa Rai mengatakan bahwa GTPP mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Melihat perkembangan kasus ini, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan COVID-19 tidak semakin meluas.

"Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan)," kata Dewa Rai.*

Baca juga: GTPP Denpasar sebutkan delapan orang sembuh COVID-19

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Denpasar bertambah 19 orang

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020