Penyaluran FLPP hingga saat ini telah mencapai angka di atas 100 persen dikarenakan adanya top up kuota pada bank pelaksana
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mencatat penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) telah mencapai 101 persen per 25 November 2020.

"Penyaluran FLPP hingga saat ini telah mencapai angka di atas 100 persen dikarenakan adanya top up kuota pada bank pelaksana," ujar Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Hingga per 25 November 2020, realisasi penyaluran FLPP 2020 telah mencapai Rp10,61 triliun yang disalurkan ke 103.529 rumah, atau telah mencapai 101 persen.

Dengan demikian total realisasi penyaluran FLPP dari 2010 hingga 25 November 2020 adalah Rp54,98 triliun atau sebanyak 759.131 rumah.

Sementara itu Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) Kementerian PUPR, Heri Eko D. Poerwanto menekankan kepada bank pelaksana untuk segera menuntaskan kebutuhan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam persiapan Perjanjian Kerjasama Operasional penyaluran FLPP Tahun 2021 yang akan dilaksanakan pada Desember 2020.

Heri Eko juga meminta kepada bank pelaksana untuk dapat segera beradaptasi terhadap pengembangan teknologi yang terus dilakukan PPDPP.

Dirjen Pembiayaan Infrastruktur tersebut memberikan apresiasi kepada PPDPP atas inovasi teknologi terus dikembangkan. Kehadiran inovasi seperti Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep)yang diterapkan PPDPP pada tahun 2020 ini mampu memberikan solusi di tengah Pandemi COVID-19 saat ini yang mengharuskan adanya pembatasan kontak fisik.

Keberhasilan sistem tersebut dibuktikan dengan realisasi penyaluran dan berbagai penghargaan yang diterima oleh PPDPP pada tahun 2020.

“Publik dan stakholder sudah mengapresiasi inovasi yang dikembangkan PPDPP," ujar Heri Eko.

Baca juga: KemenPUPR: Bank pelaksana FLPP telah bisa gunakan teken elektronik

Baca juga: Target FLPP 2021 naik, PUPR minta bank pelaksana kerja ekstra keras

Baca juga: Kementerian PUPR sebut 28 bank pelaksana FLPP alami perubahan kuota

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020