DPR dukung Presiden percepat reformasi birokrasi dan struktural

DPR dukung Presiden percepat reformasi birokrasi dan struktural

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama/aa.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mendukung langkah Presiden Joko Widodo terkait urgensi percepatan reformasi birokrasi dan struktural di Indonesia, sehingga pemerintahan berjalan efisien dan produktif.

"Pemikiran dan pernyataan Presiden Jokowi benar adanya. Reformasi struktural sudah menjadi urgensi agar roda pemerintahan bisa berjalan dengan efisien dan produktif sehingga perlu didukung agar dapat terlaksana untuk kemajuan bangsa," kata Azis di Jakarta, Senin.

Sebelumnya Presiden Jokowi menyampaikan pemerintah harus terus melakukan birokrasi dan struktural, dalam pidato memperingati HUT Ke-49 Kopri yang di tayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (29/11).

Azis menekankan pentingnya sistem birokrasi yang efektif dalam proses pengambilan keputusan, namun efektifitas dan efisiensi instansi pemerintah perlu diselaraskan agar bisa tepat guna dalam proses pembangunan bangsa.

Baca juga: Presiden Jokowi bubarkan 10 lembaga negara non-kementerian

Baca juga: Presiden Jokowi apresiasi semangat pengabdian Korpri di tengah pandemi


Menurut dia, dalam persaingan global saat ini, banyak tugas dalam negeri yang perlu dibenahi salah satunya birokrasi yang rumit perlu dijadikan sederhana.

"Hal ini juga akan bermanfaat terhadap penghematan anggaran dan membantu para pembuatan kebijakan dalam menentukan langkah-langkah inovatif dengan cepat," ujarnya.

Selain itu dia juga sepakat dengan Presiden Jokowi terkait pentingnya Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadi "motor" pembangunan bangsa dengan asas-asas Pancasila.

Politisi Partai Golkar itu menilai, jika ASN bisa bekerja efektif, maka pembangunan bangsa akan meningkat menuju kemajuan yang positif untuk kesejahteraan rakyat.

"Keberadaan ASN perlu menjadi bagian dari pembangunan karakter bangsa maka reformasi birokrasi dan struktural di butuhkan demi menuju Indonesia Maju," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi apresiasi dan sampaikan terima kasih pada guru

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020