Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meraih dua penghargaan GSM Award yang merupakan rangkaian dari kegiatan Government Social Media Summit GSMS (2020).

"Kami sangat bersyukur atas capaian ini. Penghargaan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh insan BMKG," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Akhmad Taufan Maulana di Jakarta, Senin.

Penghargaan yang diraih BMKG, yaitu pada kategori Most Active Lembaga, yaitu penghargaan yang diberikan kepada akun media sosial lembaga paling aktif.

Serta penghargaan untuk kategori Best Use of Images (lembaga) karena menyajikan konten gambar yang paling relevan, informatif, kreatif, orisinal, dan berkualitas.

Baca juga: Pascagempa di Palasa Parigi Moutong, situasi mulai kondusif

Baca juga: BMKG peringatkan gelombang tinggi hingga 4 meter di sejumlah perairan


Kepala Sub Bidang Operasional Teknologi Informasi BMKG, Akbar mengatakan pihaknya akan terus berupaya menyajikan informasi yang penting dan akurat untuk memastikan data-data yang dihasilkan bermanfaat demi kesejahteraan masyarakat.

"Informasi yang disebarluaskan BMKG diharapkan dapat menjadi acuan masyarakat dan pemangku kepentingan terutama dalam mengantisipasi dampak cuaca, iklim, dan lainnya," kata Akbar.

BMKG rutin mengeluarkan informasi cuaca dan peringatan dini serta kejadian gempa bumi yang disebarluaskan kepada masyarakat melalui berbagai platform media sehingga informasi bisa tersebar luas secara cepat.

GSM Award dilaksanakan Awrago bekerja sama dengan NoLimit secara daring, bertujuan untuk meningkatkan kinerja komunikasi publik pemerintah melalui media sosial, kemudian menghasilkan referensi standar dalam pengelolaan media sosial milik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Terlebih lagi di masa pandemi, sebagian besar aktivitas masyarakat berpindah secara daring akibat bekerja dari rumah, belajar dari rumah hingga karantina mandiri sehingga segala kebutuhan vital dipenuhi secara daring, masyarakat semakin bergantung pada internet dan keterhubungan di media sosial.

Pada situasi tidak pasti saat ini, media sosial pemerintah berperan penting dalam menyediakan informasi yang akurat.

GSMS 2020 diselenggarakan pada 27–29 November 2020 yang ditutup dengan GSM Award diharapkan dapat mengapresiasi kinerja pengelolaan media sosial pemerintah dan memotivasi pemerintah untuk mengoptimalkan struktur pengelolaan media sosial, meningkatkan peran media sosial dalam publikasi informasi publik dan interaksi dengan masyarakat, serta meningkatkan kreativitas sekaligus kinerja dalam melayani masyarakat.*

Baca juga: Hujan diperkirakan guyur Jakarta pada Senin sore

Baca juga: BMKG waspadai potensi hujan lebat di sejumlah wilayah pada 30 November

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020