TransJakarta resmikan wifi gratis berkecepatan tinggi di 252 halte BRT

TransJakarta resmikan wifi gratis berkecepatan tinggi di 252 halte BRT

Direktur Eksekutif Transformasi Digital Teknologi Informasi TransJakarta Gidionton Saritua (kiri) dalam peluncuran layanan wifi gratis berkecepatan tinggi di Halte Harmoni yang disiarkan secara daring, Selasa (1/12/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) meresmikan layanan wifi gratis berkecepatan tinggi yang sudah tersedia di 252 halte Bus Rapid Transit (BRT) yang terdapat di 13 koridor utama pada Selasa sore.

Layanan jaringan internet nirkabel gratis TransJakarta itu dapat digunakan oleh seluruh pelanggan TransJakarta baik yang akan melakukan perjalanan atau pun bagi pelanggan yang melakukan transit saat perjalanan berlangsung.

Baca juga: TransJakarta tambah lagi layanan WiFi gratis

"Adapun wifi TransJakarta saat ini sudah aktif di 252 halte BRT di seluruh koridor TransJakarta. Dengan kecepatan tinggi didukung dengan kapasitas 5 gigabyte bandwith secara total di tahun 2020 sehingga pelanggan TransJakarta dapat menikmati kecepatan internet sampai 20 mbps per pelanggan tanpa bayar dan tanpa batas kuota," ujar Direktur Eksekutif Transformasi Digital Teknologi Informasi TransJakarta Gidionton Saritua secara daring lewat acara peluncuran layanan internet gratis itu yang disiarkan TransJakarta di media sosialnya, Selasa.

Gidion pun mengatakan pelanggan TransJakarta nantinya tidak perlu melakukan registrasi atau pun pendaftaran khusus untuk menikmati layanan itu dan dapat dengan segera mengakses internet untuk melakukan pekerjaan produktif saat melakukan mobilisasi menggunakan TransJakarta.

Baca juga: Klub mobil Honda berikan fasilitas cuci tangan di lima halte TJ

Ia pun memberi contoh cepatnya layanan internet yang saat ini tersedia di halte-halte TransJakarta itu memungkinkan pelanggan untuk mengakses video dengan resolusi 4K tanpa terganggu dan mengunduh aplikasi-aplikasi berukuran besar dalam waktu singkat.

"Peningkatan akan terus dilakukan seiring dengan bertumbuhnya jumlah pelanggan.Sehingga kualitas pelayanan internet bagi pelanggan TransJakarta tetap stabil dan terjaga. Kami berencana juga pada Januari 2021 untuk menaikan kapasitas bandwith menjadi 10 gigabyte per second di seluruh halte layanan TransJakarta," ujar Gidion.

Layanan wifi itu dapat digunakan pelanggan hanya selama jam operasional TransJakarta di dalam halte, selepas dari halte dipastikan layanan wifi tidak dapat dijangkau sebagai antisipasi menciptakan kerumunan.
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam peluncuran layanan wifi gratis berkecepatan tinggi di Halte Harmoni yang disiarkan secara daring, Selasa (1/12/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)


Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengapresiasi tranformasi digital yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Daerah itu.

Syafrin mengatakan layanan wifi gratis di fasilitas transportasi publik itu sejalan dengan program Pemprov DKI Jakarta yaitu Jak Wifi yang turut mendukung adanya akses internet tanpa bayar yang bisa dimanfaatkan oleh warga Jakarta.

Baca juga: Manajemen TransJakarta nyatakan armadanya tak ada yang dibesituakan

"Saya menyambut baik prakarsa manajemen TransJakarta untuk melakukan transformasi perusahaan di berbagai lini termasuk transformasi digital pada sarana dan prasarana penumpang TransJakarta. kebijakan transportasi digital pada sarana prasarana TransJakarta bagi penumpang ini sejalan dengan kebijakan Pemprov DKI khususnya terkait dengan program JAK Wifi," ujar Syafrin.
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020