Ratusan rumah warga di Kelurahan Aur Medan terendam banjir

Ratusan rumah warga di Kelurahan Aur Medan terendam banjir

Ratusan rumah warga di Lingkungan IV Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun Kota Medan terendam banjir akibat meluapnya Sungai Deli (ANTARA/Munawar)

Medan (ANTARA) - Sebanyak 420 unit rumah warga di Lingkungan IV Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun Kota Medan Provinsi Sumatera Utara terendam banjir akibat meluapnya Sungai Deli yang ada di Kota itu, Jumat dinihari.

Pemantauan di lokasi, pada Jumat hingga pukul 16.30 WIB, ratusan unit rumah penduduk yang berada di pinggiran daerah aliran sungai (DAS) Deli masih terendam banjir, dan belum ada tanda-tanda akan surut.

Bahkan, warga yang terkena musibah banjir kiriman itu, terpaksa mengungsikan barang dan perabotan rumah tangga ke lokasi yang lebih tinggi karena lokasi Lingkungan IV itu, berada lebih rendah dari jalan raya.

Sampai saat ini ratusan warga yang terdampak banjir tersebut, terlihat duduk-duduk di pinggiran jalan, di sekitar rumah penduduk yang tidak terkena banjir.

Seorang warga Lingkungan IV, Heriansyah (63) mengatakan, banjir yang berasal dari Sungai Deli itu mulai kelihatan Kamis (3/12) sekira pukul 21.00 WIB, karena hujan yang cukup deras.

"Sampai saat ini, warga masih meninggalkan rumah mereka, karena Sungai Deli masih terus meluap," ujar Heriansyah yang sudah 45 tahun tinggal di pinggiran DAS Deli itu.

Banjir merendam sedikitnya 2.773 rumah yang berada di tujuh kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara..

Sebanyak 2.773 rumah terdiri dari 1.983 KK dan 5.965 jiwa terdampak banjir di Kota Medan.

Tujuh kecamatan terendam banjir yakni Kecamatan Medan Maimun, Medan Johor, Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Baru, Medan Petisah dan Medan Polonia.

Baca juga: Akses jalan Medan-Berastagi terputus dampak 20 titik longsor

Baca juga: Lebih 2.000 rumah di Kota Medan terendam banjir

Baca juga: Petugas gabungan evakuasi korban banjir di Deli Serdang
Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020