tetap higienis untuk dikonsumsi
Bandarlampung (ANTARA) - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan konsep unik di Kota Bandarlampung membagikan jamu untuk menarik perhatian masyarakat agar datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilih meski di tengah pandemi COVID-19.

“Kita sengaja menyediakan jamu bagi warga yang memilih di TPS 005 Kelurahan Bumi Waras, selain untuk menarik minat warga untuk memilih juga membantu meningkatkan imunitas tubuh,” ujar Ketua Panitia KPPS TPS 005 Bumi Waras, Sawitri, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan ide pembagian jamu bagi warga usai melakukan pemilihan di TPS merupakan inisiatif sejumlah warga yang berprofesi sebagai tukang jamu keliling.

“Ide didapat dari warga dan panitia yang kebetulan berprofesi sebagai tukang jamu keliling, jadi setelah warga mencoblos kita bagikan jamu untuk diminum di rumah,” katanya.

Baca juga: Upaya mencegah munculnya kluster COVID-19 di Pilkada Lampung

Baca juga: Sejumlah TPS unik di Pilkada Surakarta 2020


Menurut dia telah disediakan sebanyak 420 gelas jamu yang siap dibagikan bagi masyarakat sekitar.

“Ada sekitar 420 gelas jamu sesuai dengan jumlah pemilih disini jadi jamu siap kita tuang ke gelas warga, ini buatan enam orang warga kita, diharapkan dapat menjaga imunitas tubuh,” ucapnya.

Hal serupa dikatakan oleh Maryati ,salah seorang warga yang berprofesi sebagai tukang jamu.

“Kami merebus empon-empon seperti jahe, kunyit dan beragam bahan sejak kemarin, lalu kami siapkan untuk warga dimasukkan dalam botol tadi pagi sehingga semua masih hangat, dan tetap higienis untuk dikonsumsi karena proses pembuatan dan pembagian tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Ia menjelaskan sebanyak 420 gelas jamu yang disiapkan bagi warga di TPS 005 Bumi Waras disediakan dari hasil gotong royong warga.

“Untuk biaya kita tanggung bersama saling sumbangan, sebab kami sudah terbiasa membagikan jamu bagi warga di Bandarlampung setiap Jumat selama masa pandemi COVID-19 berlangsung,” ucapnya lagi.

Baca juga: Warga Bandarlampung salurkan hak pilih dengan terapkan prokes

Baca juga: Bawaslu Lampung sebut 185 pengawas TPS reaktif usai jalani tes cepat

 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020