Ternate (ANTARA) - Sebuah speedboad bernama Najwa Kapal bersama dua orang ABK membawa tujuh orang penumpang dikabarkan hilang kontak di perairan Halmahera Provinsi Maluku Utara (Malut) sejak Selasa (15/12) malam ditemukan selamat.

Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs Abdul Kadir melalui siaran pers di Ternate, Kamis, menyatakan, berdasarkan informasi dan laporan tersebut Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Norman Faizal M Tr Hanla memerintahkan Tim SAR Lanal Morotai dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut KAL Wayabula melakukan SAR dan pencarian keberadaan speedboat Najwa yang hilang kontak tersebut.

Baca juga: Dua pengunjung Pantai Parangkusumo terseret ombak satu dalam pencarian

Untuk keselamatan para penumpang kapal tersebut, KAL Wayabula langsung bertolak dari Morotai menyisir rute pelayaran speedboat Najwa.

Meski malam telah larut, berjuang menghadapi ombak besar dan cuaca buruk menjadi tantangan bagi tim SAR Lanal Morotai untuk secepat mungkin menemukan speedboat Najwa. KAL Wayabula dan tim SAR Lanal Morotai yang tidak kenal lelah selama kurang lebih tujuh jam mendapatkan hasil.

Baca juga: Tim SAR temukan korban selamat yang hilang saat tabrakan kapal

Speedboat Najwa ditemukan pada hari Rabu, pukul 09.35 di Tanjung Jerewi, Perairan Halmahera Timur. Seluruh penumpang dan ABK dalam keadaan selamat.

Selanjutnya, speedboat Najwa dievakuasi ke KAL Wayabula menuju Morotai. Adapun ABK speedboat terdiri dari Adewan (50) sebagai Motoris, dan Sardi (30) sebagai Jurumudi.

Baca juga: Tim SAR gabungan dikerahkan cari pemancing hilang di sungai Cibuni

Sedangkan, penumpangnya masing-masing Yuli Aswati Pora, M Sahdila Hi Hukumb, M Febrian, Hairul Azam, Rafania AZZAHRA, dan dua penumpang lainnya belum diketahui identitasnya. Seluruhnya dalam keadaan selamat.

Sementara, Ketua Perkumpulan speedboat Morotai, Zul sekaligus pemilik kapal melaporkan kepada Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Morotai bahwa Speedboat Najwa berangkat dari pelabuhan speed Tobelo, Halmahera Utara pada pukul 17.00 Wit, membawa tujuh orang penumpang dan dua ABK.

Hingga pukul 01.00 WIT, speedboat tersebut belum tiba di Pelabuhan Speedboat Daruba Kab. Pulau Mototai.

“Speedboat bernama Najwa rute Tobelo - Morotai tersebut diperkirakan hilang kontak setelah dihantam gelombang pada saat menuju ke Pulau Morotai. Cuaca saat ini di perairan Pulau Morotai angin kencang dan gelombang laut sangat tinggi.

Speedboad biasanya bertolak dari Tobelo menuju Morotai hanya menempuh waktu kurang lebih dua jam, namun sampai saat ini, speedboat Najwa tak kunjung tiba,” ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020