sekarang kondisinya masih lumayan riskan
Palembang (ANTARA) - Epidemiolog Universitas Sriwijaya Dr Iche Andriany Liberty menilai rencana belajar tatap muka yang akan tetap dilaksanakan pada Januari 2021 oleh Pemerintah Kota Palembang dinilai perlu meninjau kondisi kasus per kelurahan berdasarkan lokasi sekolah.

Menurut Iche di Palembang, Senin, sekolah cukup aman dibuka jika berada di kelurahan yang tidak muncul kasus aktif dalam 14 hari dan domisili siswa juga berada di kelurahan yang sama.

"Paling tidak petakan kembali jumlah kasus aktif di kelurahan sekolah itu berada," ujarnya menanggapi rencana Pemkot Palembang memberlakukan belajar tetap muka mulai Januari 2021.

Baca juga: Malam tahun baru, polisi siap bubarkan kerumunan di Jembatan Ampera

Menurut dia berdasarkan perkembangan kasus COVID-19 saat ini, Kota Palembang belum sepenuhnya aman untuk melaksanakan belajar tatap muka karena peningkatan kasus masih mengkhawatirkan serta status zonasi masih kisaran sedang hingga tinggi.

Namun jika sekolah tetap dibuka maka tiga unsur utama yakni orang tua, sekolah dan pemerintah harus bersedia bertanggung jawab serta tidak saling menyalahkan jika muncul klaster.

Selain itu sekolah perlu bekerja sama dengan Puskesmas yang dapat memantau protokol kesehatan dan agar lebih cepat dalam melakukan pelacakan jika ditemukan kasus.

Baca juga: Kafe dan pasar di Palembang sasaran utama razia protokol kesehatan

Sebelumnya Pemkot Palembang menawarkan pola jadwal tatap muka bergantian sehingga kerumunan siswa dapat ditekan,  Iche menilai potensi penularan COVID-19 tetap akan ada karena faktor kepatuhan protokol kesehatan masyarakat masih belum optimal.

"Orang tua dan siswa mungkin sudah patuh prokes tapi gurunya bisa jadi lengah, begitu juga sebaliknya, sekarang kondisinya masih lumayan riskan untuk belajar tatap muka," jelasnya.

Ia menyebut kondisi aman yang sepenuhnya untuk siswa bergantung pada kecepatan Satgas COVID-19 dalam menangani pandemi dari hulu hingga hilir, atau setidaknya setelah 70 persen masyarakat menerima vaksinasi.

"Ketika indikator pandemi sudah terkendali maka sekolah aman dibuka," kata dia.

Baca juga: Angka kesembuhan kasus COVID-19 di Sumsel capai 81 persen

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020