Jakarta (ANTARA) - Huawei akan merilis laptop baru bernama Huawei Qingyun L410, yang dilengkapi dengan chipset Kirin, awal tahun depan, menurut sumber, seperti dilaporkan laman Gizchina.

Saat ini, foto kemasan kotak laptop telah beredar, yang membawa informasi terkait spesifikasi utama yang diusung perangkat. Laptop ini akan didasarkan pada SoC Kirin 990 yang akan dibekali layar 2K 14 inci, RAM 8GB dan memori 512GB.

Baca juga: Huawei bawa Mate 40 Pro ke Indonesia, ini harganya

Laptop Huawei Qingyun L410 kabarnya juga akan menjalankan Deepin OS 20, yang dianggap oleh beberapa orang sebagai distribusi Linux terbaik. Perangkat tersebut memiliki dukungan untuk jaringan seluler generasi kelima berkat SoC Kirin 990.

Sumber menambahkan bahwa di masa mendatang, laptop tersebut kemungkinan akan diupdate ke sistem operasi Harmony OS.

Laptop tersebut akan hadir di pasar China terlebih dahulu, kemudian kemungkinan akan menjangkau pengguna di negara lain.

Sementara itu, Huawei telah secara resmi merilis HarmonyOS 2.0 beta untuk smartphone. Sistem baru Harmony ini sudah tersedia untuk beberapa ponsel Huawei untuk pendaftaran. Menurut laporan, Harmony OS akan tersedia untuk semua ponsel Huawei pada tahun depan.

Pengembang dengan seri Huawei P40 atau Mate 30 dapat mendaftar untuk berpartisipasi dalam pengujian tersebut.

Baca juga: Rangkuman ponsel "high-end" sepanjang 2020

Baca juga: Nasib ponsel Huawei jika rujuk dengan Google

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020