Jakarta (ANTARA) - Pendatang baru K-pop aespa memecahkan rekor video klip debut yang paling cepat mencapai 100 juta view di YouTube lewat lagu "Black Mamba".

Video klip "Black Mamba" menembus angka 100 juta pada Jumat, 51 hari sejak dirilis pada November lalu, kata agensi SM Entertainment seperti dikutip dari Yonhap. Agensi SM Entertainment mengatakan ini adalah rekor tercepat untuk video klip debut K-pop.

Nama aespa, berasal dari kata bahasa Inggris "avatar, experience and aspect" yang bermakna dapat bertemu diri sendiri melalui avatar dan mengalami dunia baru. Lewat konsep ini, empat anggota aespa -- Karina, Giselle, Winter dan Ningning-- ditemani dengan avatar virtual mereka masing-masing.

Ini adalah grup K-pop pertama yang diperkenalkan SM Entertainment sejak NCT pada 2016. aespa juga merupakan grup K-pop perempuan pertama dari SM Entertainment sejak Red Velvet debut pada 2014.

SM Entertainment adalah salah satu agensi K-pop terbesar di Korea Selatan yang sudah menaungi grup-grup perempuan ternama, dimulai dari S.E.S. pada 1990-an.

Baca juga: TWICE, GOT7, hingga NCT tutup 2020 lewat MBC Music Festival

Baca juga: aespa ungkap cara diterima masuk SM Entertainment

Baca juga: aespa, "girlgroup" baru SM Entertainment debut lewat "Black Mamba"

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021