Jakarta (ANTARA) - Tren fesyen setiap tahunnya dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan situasi saat ini. Dampak pandemi COVID-19 juga memberikan perubahan pada dominasi fashion di akhir tahun 2020, di mana pakaian santai yang nyaman namun tetap terlihat rapi dan modis untuk segala aktivitas di rumah menjadi pilihan.

Aktivitas yang terpusat di rumah saja, membuat munculnya berbagai macam model pakaian mulai dari loungewear, sleepwear hingga loose wear karena lebih digemari dan dicari banyak orang. Model pakaian tersebut dinilai lebih nyaman dan sederhana serta modelnya yang trendi menjadikan pakaian tersebut dapat digunakan dalam segala aktivitas, baik ketika bekerja di rumah ataupun untuk sekadar keluar sejenak demi membeli kebutuhan sehari-hari.

Beberapa jenama lokal di bawah naungan Hypefast memprediksi empat tren fesyen yang akan populer tahun ini.

Baca juga: Tips segarkan fesyen di 2021 ala Likee

Loungewear dan set piyama
Brand Wearstatuquo melihat bahwa tahun 2020 adalah tahun dimana masyarakat pada umumnya seakan terhenti untuk melakukan dress-up, dilihat dari meroketnya penjualan piyama dan loungewear secara global. Sudut pandang fesyen mengalami pergeseran dari diktasi-diktasi tren global, dan kemudian menjadi lebih personal, kasual dan pragmatis.

Sentuhan personal adalah konsep yang akan digali lebih jauh oleh Wearstatuquo pada 2021. Pendiri jenama Wearstatuquo, Janet Prasetio mengatakan, “Konsep ini akan dihadirkan melalui beberapa kolaborasi menarik bersama beberapa pihak. Dimana ide besarnya adalah selalu menghadirkan ragam busana yang tetap stylish, kombinasi unik antara elemen desain, karakter dan tentunya kenyamanan.”

Athleisure Wear
Mengingat kebiasaan sehat yang sedang dijalani oleh seluruh masyarakat dunia dan juga isu kesehatan yang makin diperhatikan, Athleisure Wear juga akan menjadi tren pada 2021.

Athleisure wear akan jadi salah satu tren yang kuat di 2021 karena masyarakat semakin peduli akan kesehatan sehingga olahraga jadi salah satu kegiatan yang sangat digemari selama pandemi. Dari pandemi ini juga, masyarakat lebih mengutamakan kenyamanan dalam berpakaian sehari-hari. Mereka menginginkan sesuatu yang simpel untuk berolahraga, sekaligus bisa digunakan untuk kegiatan lainnya sehari-hari,” ujar pendiri jenama Nona, Andani Agni Putri.

Andani menuturkan, pakaian olahraga yang modis akan jadi fokus dari desain mereka tahun ini.

Baca juga: Tren skincare hingga fesyen tahun 2021

Baca juga: Warna stabilo diprediksi jadi tren warna fesyen di 2021

Baca juga: Tren fesyen 2021 menurut Raline Shah dan Jessica Iskandar

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021