31 kabupaten/kota di Jateng bakal canangkan vaksinasi COVID-19

31 kabupaten/kota di Jateng bakal canangkan vaksinasi COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo. (ANTARA/HO-Wisnu Adhi)

Semarang (ANTARA) -
Sebanyak 31 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah bakal mencanangkan vaksinasi COVID-19 secara serentak pada Senin (25/1) guna mengurangi jumlah orang yang terpapar SARS-CoV-2.

"Pencanangan vaksinasi COVID-19 serentak akan diikuti 31 kabupaten/kota, sedangkan untuk Kabupaten Wonogiri akan melakukan vaksinasi awal pada Selasa (26/1). Tiga wilayah (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta, red) telah mencanangkan vaksinasi di termin pertama tahap satu, pada 14 Januari 2021," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo di Semarang, Ahad.

Ia menjelaskan bahwa yang pertama kali disuntik vaksin COVID-19 pada pencanangan serentak besok adalah Forkopimda dan tokoh masyarakat di daerah, kemudian baru penyuntikan vaksin bagi para tenaga kesehatan.

Baca juga: Delapan nakes di Jateng alami efek usai vaksinasi COVID-19

Baca juga: Semarang prioritaskan 15.488 tenaga kesehatan diberi vaksin COVID-19

"Maksimal 10 orang untuk divaksin pertama kali yakni, bupati atau wali kota, ketua DPRD, dandim, kapolres, kajari, kadinkes, tokoh agama, tokoh kesehatan dan tokoh masyarakat. Setelah tokoh-tokoh itu, dilanjutkan dengan nakes di daerah masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya, Provinsi Jateng telah menerima tambahan vaksin COVID-19 sebanyak 248.600 dosis pada Sabtu (23/1) dan diperuntukkan bagi 122.617 orang tenaga kesehatan.

Menurut dia, ratusan ribu dosis vaksin itu sudah didistribusikan ke kabupaten/kota yang belum menerima vaksin COVID-19 sebelumnya.

"Sudah terkirim ke kabupaten/kota, diharapkan sudah selesai semuanya. Tinggal beberapa kabupaten atau kota, tapi harapannya diselesaikan pada hari ini," katanya.*

Baca juga: Ganjar targetkan 21,2 juta jiwa warga Jateng divaksin

Baca juga: Jawa Tengah dapat 421.000 dosis vaksin COVID-19
Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021