kita berupaya terus menambah ruang isolasi
Bandung (ANTARA) - Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebut hari libur panjang khususnya Hari Raya Tahun Baru Imlek yang akan datang perlu diantisipasi guna meminimalisir potensi munculnya klaster COVID-19 baru.

Hari raya bagi warga Tionghoa itu pun pada tahun ini akan jatuh pada akhir pekan, tepatnya Jumat, 12 Februari 2021. Maka dari itu hal tersebut perlu diantisipasi karena berkaca dari sejumlah libur panjang sebelumnya.

"Ketika menghadapi libur itu harus diantisipasi, tadi malam juga (rapat koordinasi) dari beberapa daerah menyampaikan usulan Imlek yang akan datang untuk tidak libur," kata Oded di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Menurut Oded, naik turunnya kasus COVID-19 di Kota Bandung memang sedikit banyaknya dipengaruhi oleh adanya libur panjang.

Baca juga: Pemkot imbau warga luar tes cepat antigen sebelum masuk ke Bandung

Baca juga: Wali Kota katakan ruang isolasi COVID-19 di Bandung hampir penuh


Menjelang akhir tahun 2020 pun Dinkes Kota Bandung menyatakan masih menyelesaikan sejumlah kasus akibat libur panjang Oktober 2020 lalu.

Sejak saat itu kasus COVID-19 di Kota Bandung memang terus meningkat. Sejauh ini pun masih ada 1.526 orang yang belum sembuh dari COVID-19.

Meski begitu, Oded mengatakan sejauh ini ruang isolasi COVID-19 di Kota Bandung masih tersedia dan terkendali. Berdasarkan arahan dari Menteri Kesehatan, menurutnya kini ruang isolasi perlu diprioritaskan kepada orang yang memiliki gejala.

"Kalau yang tidak ada gejala lebih baik mandiri saja, supaya isolasi di rumah sakit untuk bergejala, kita berupaya terus menambah ruang isolasi," kata Oded.

Baca juga: Pemkot Bandung perlonggar sektor bisnis meski kasus COVID-19 meningkat

Baca juga: Pemkot Bandung sasar tes antigen ke pengunjung hotel

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021