Masyarakat dan polisi kerja bakti usai perusakan Polsek Sungai Pagu

Masyarakat dan polisi kerja bakti usai perusakan Polsek Sungai Pagu

Polisi dan warga bekerja sama membersihkan Polsek Sungai Pagu yang sempat dirusak warga setempat terkait kasus penembakan DPO berinisial D oleh petugas kepolisian. (ANTARA/HO)

Padang, (ANTARA) - Jajaran kepolisian bersama masyarakat melakukan kerja bakti di Polsek Sungai Pagu di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) yang dirusak massa.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu mengatakan pihaknya bersama masyarakat melakukan kerja bakti di Polsek Sungai Pagu yang sempat dirusak oleh masyarakat setempat, karena daftar pencarian orang (DPO) berinisial D yang tertembak oleh petugas kepolisian di Kabupaten Solok Selatan.

Menurut Kombes Satake Bayu, di Padang, Jumat, personel yang ikut kerja bakti ini, di antaranya personel Polres Solok Selatan, Polsek Sungai Pagu bersama masyarakat sekitar.

Kerja bakti itu telah dilakukan sejak dua hari ini, dan masyarakat setempat bersama personel kepolisian bekerja sama bahu-membahu membersihkan Polsek Sungai Pagu di Kabupaten Solok Selatan

Ia mengatakan puing-puing material bekas kerusakan yang ada di mapolsek tersebut dibersihkan bersama-sama.

"Tadi juga masih berlangsung seperti melakukan pengecatan mapolsek bersama masyarakat, ini bentuk sinergitas Polri dengan masyarakat," kata dia pula.

Sebelumnya, puluhan orang mendatangi serta melempari Kantor Kepolisian Sektor Sungai Pagu, Solok Selatan pada Rabu (27/1) sekitar pukul 15.00 WIB. Massa melakukan pelemparan yang mengakibatkan kaca pecah.

Pemicu aksi tersebut diduga berawal ketika polisi hendak menangkap salah seorang pelaku tindak pidana judi berinisial D yang namanya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) di daerah setempat.

Dalam penangkapan itu, pelaku diketahui meninggal dunia, sehingga diduga berbuntut aksi pelemparan ke Kantor Polsek Sungai Pagu.

Kapolres Solok Selatan AKBP Tedy Purnanto mengatakan, usai kejadian pihaknya telah mengerahkan 30 personel Polres Solok Selatan ke Polsek Sungai Pagu untuk melakukan pengamanan dan antisipasi.

Selain itu, Polda Sumbar juga mengerahkan 85 personel Brimob ke Kabupaten Solok Selatan dalam rangka mengamankan situasi, sebanyak 1 satuan setingkat kompi (SKK) dengan jumlah 85 personel.
Baca juga: Puluhan Brimob dikerahkan usai penyerangan Polsek Sungai Pagu
Baca juga: Kantor Polsek Sungai Pagu Solok Selatan dilempari batu

Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021