Duet Sean Gelael/Stoffel Vandoorne tambah delapan poin untuk tim JOTA

Duet Sean Gelael/Stoffel Vandoorne tambah delapan poin untuk tim JOTA

Pebalap Indonesia Sean Gelael sedang masuk pit pada balapan Asian Le Mans Series 2021 di Dubai Autodrome, Uni Emirat Arab, Minggu (14/2/2021). (HO/Tim JOTA Sport)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Sean Gelael dan pebalap Belgia Stoffel Vandoorne mengamankan delapan poin untuk tim JOTA Sport setelah finis keenam pada balapan kedua seri perdana Asian Le Mans Series (ALMS) di Dubai Autodrome, Uni Emirat Arab, Minggu.

Dengan tambahan delapan poin dan hasil runner-up di balapan pertama pada hari sebelumnya, tim yang didukung penuh Pertamina dan BNI itu kini mengoleksi 26 poin di kelas LMP2, demikian keterangan resmi dari tim JOTA Sport.

Baca juga: Sean Gelael rebut podium dua seri pembuka Asian Le Mans Series 2021
Baca juga: Sean Gelael beralih ke WEC bersama tim JOTA

Sean mengawali balapan kedua berdurasi empat jam itu dengan hati-hati dan tidak langsung melakukan tekanan bahkan sempat kehilangan satu posisi, dari P3 ke P4.

Pada Lap 10 anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael itu ampu menyusul pebalap Amerika Serikat John Falb di Tikungan 12 untuk mengklaim kembali P3.

Kemudian di tikungan sama satu lap kemudian andalan Team Jagonya Ayam itu melewati Simon Trummer dari Swiss untuk naiik ke P2 dan bahkan untuk kali pertama memimpin balapan di ALMS 2021.

Sayangnya, durasi Sean memimpin lomba bertahan hanya satu lap karena ia terlibat insiden dengan pebalap LMP3, Jan Erik Slooten, di Tikungan 6.

Menyusul insiden tersebut posisi Sean melorot karena harus kehilangan waktu 5 menit 50 detik untuk memperbaiki kerusakan mobilnya di pit.

Sean kembali masuk trek di P29 namun mampu memperbaiki posisi hingga ke P5, sebelum Vandoorne mengambil alih tugas mengendarai mobil tim JOTA Sport.

Baca juga: Alonso jalani operasi rahang pascakecelakaan sepeda di Swiss
Baca juga: F1 "bekukan" pengembangan mesin mulai 2022, Red Bull diuntungkan


Masalah kembali menimpa tim JOTA Sport ketika Vandoorne mengalami kerusakan mobil saat pitstop di saat balapan menyisakan waktu satu jam 44 menit.

Butuh 10 menit bagi kru tim untuk memperbaiki mobil Vandoorne di pit sebelum mantan pebalap F1 itu kembali ke lintasan sebelum digantikan oleh rekan satu timnya di 50 menit terakhir.

Sean mampu memanfaatkan waktu yang tersisa untuk membawa pulang delapan poin setelah mendapati dirinya finis keenam.

"Bukan hasil balapan yang diinginkan, tapi paling tidak kami masih bisa membawa pulang poin yang mungkin saja penting di akhir kejuaraan," kata Sean dalam keterangan resminya.

Tim G-Drive Racing #26, yang diperkuat trio Yifei Ye (China), Ferdinand Habsburg (Austria), dan Rene Binder (Austria), belum terkalahkan di dua balapan pertama dan membawa pulang 50 poin di Dubai.

Dua balapan selanjutnya  akan berlangsung di Abu Dhabi pekan depan.

Klasemen Tim Sementara (Kelas LMP2)
1. G-Drive #26 - 50 poin
2. G-Drive #25 - 32 poin
3. Phoenix Racing #5 - 30 poin
4. JOTA #28 - 26 poin
5. Racing Team India #64 - 22 poin

Baca juga: Button kembali ke sekolah balap jelang debut Extreme E
Baca juga: Debut Extreme E diundur
Pewarta : Bayu Kuncahyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021