Presiden PKS dukung Gubernur Sumsel mewujudkan pelabuhan samudra

Presiden PKS dukung Gubernur Sumsel mewujudkan pelabuhan samudra

Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama Gubernur Sumsel Herman Deru pada acara pelantikan pengurus DPW PKS Sumsel, di Palembang, Senin (15/2/2021). (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mendukung Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mewujudkan Pelabuhan Samudra Tanjung Carat, Kabupaten Banyuasin untuk memudahkan ekspor hasil bumi provinsi ini.

"Sumsel memiliki sumber daya alam yang luar biasa, ada perkebunan kelapa sawit, karet, tambang batu bara, dan hasil bumi lainnya yang memerlukan pelabuhan memadai untuk dijual ke luar negeri," kata Ahmad Syaikhu pada acara pelantikan pengurus DPW PKS Sumsel, di Palembang, Senin.

Pihaknya mendukung Gubernur Sumsel melaksanakan tugas untuk kebaikan dan kemaslahatan masyarakat.

Dia menyatakan, jika pelabuhan samudra yang sudah direncanakan pembangunannya oleh beberapa gubernur Sumsel selama ini terwujud, bisa memberikan manfaat bagi petani dan masyarakat secara luas.

Gubernur Sumsel Herman Deru saat menghadiri acara pelantikan pengurus PKS tersebut, menjelaskan pihaknya telah memantapkan kesiapan lokasi Pelabuhan Samudra Tanjung Carat, Banyuasin.

Rencana pembangunan pelabuhan samudra sudah dirintis 20 tahun lebih yang semula di kawasan Tanjung Api-Api, Banyuasin.

Setelah melewati pembahasan yang panjang, lokasi pelabuhan dilakukan pergeseran dari rintisan awal kawasan Tanjung Api-Api kini ditetapkan kawasan Tanjung Carat.

Untuk mewujudkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat dibutuhkan dukungan banyak pihak termasuk partai politik guna mendapat dukungan kebijakan anggaran.

Sekarang ini pemerintah pusat siap mengucurkan dana sekitar Rp300 miliar yang akan digunakan untuk melakukan pemancangan tiang pertama (ground breaking) yang direncanakan pada akhir tahun 2021 ini, kata Gubernur Herman Deru.
Baca juga: Ketua DPD optimis Pelabuhan Tanjung Carat dongkrak investasi di Sumsel
Baca juga: Pelabuhan Tanjung Carat ditargetkan 'ground breaking' akhir 2021
Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021