Makara Art Center UI gelar pentas seni budaya

Makara Art Center UI gelar pentas seni budaya

Perayaan Dies Natalis UI, Makara Art Center Gelar Seni Budaya (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Makara Art Center (MAC) Universitas Indonesia (UI) akan menyelenggarakan gelar seni budaya yang diisi oleh para seniman dan artis nasional, di antaranya Andi/riff, Budi Cilok, dan Sarah Saputri.

Ketua Panitia Dies Natalis UI Prof. Ganjar Kiswanto dalam keterangannya, Sabtu, mengatakan pentas seni ini disesuaikan dengan kondisi bangsa yang sedang pandemi.

Pentas seni juga melibatkan para seniman kampus dan mahasiswa UI seperti Liga Tari UI, BEM UI, dan UKM UI. Dengan demikian kegiatan ini akan menjadi ajang kolaborasi antara keluarga besar UI dengan para seniman profesional.

Pementasan tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis ke-71 UI yang sudah dimulai sejak tanggal 2 Februari 2021 dan puncaknya pada tanggal 23 Februari 2021.

Baca juga: MAC UI siap gelar acara seni hadirkan Andi/riff hingga Sarah Saputri

"Melalui perayaan Dies Natalis ini kami ingin menggali semangat dan potensi seluruh Sivitas Akademika UI untuk mewujudkan UI tangguh, sehingga bisa berpatisipasi aktif dalam Indonesia bangkit. Untuk itu, kami mengambil tema “UI Tangguh Untuk Indnesia Bangkit," kata Prof. Ganjar.

Prof. Ganjar menjelaskan berbagai kegiatan yang berorientasi internal dan eksternal dalam perayaan Dies Natalis ke-71 UI, di antaranya adalah Talk Show, Lomba Grup Vokal, Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat, Lomba Cipta Lagu, Lomba Jalan Sehat Virtual, dan Kompetisi Penulisan/Peliputan tentang UI di media massa untuk jurnalis.

Lomba yang diadakan ditujukan bagi warga UI dan diselenggarakan secara daring. Pengumuman lomba akan dilaksanakan pada puncak acara perayaan Dies Natalis pada tanggal 23 Februari 2021, sedangkan gelar seni yang diselenggarakan MAC ini lebih berorientasi eksternal, terbuka untuk umum di luar sivitas akademika UI dan keluarga besar UI lainnya.

Perayaan Dies Natalis ke-71 UI ini juga menjadi media sosialisasi UI kepada masyarakat. Ada berbagai prestasi yang dicapai UI selama masa pandemi. Juga banyak aktivitas yang dilakukan sebagai wujud kepedulian dan bakti UI kepada negeri.

Melalui momentum dies natalis ini kami ingin mensosialisasikan berbagai kegiatan dan prestasi tersebut kepada masyarakat,” ujar Prof. Abdul Haris, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemasiswaan menjelaskan.

Baca juga: UI siapkan Arsiparis berkompeten level D4

“Melalui cara ini kami berharap apa yang sudah dilakukan UI bisa menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat.”

Menurut Prof Haris, selain sebagai media sosialisasi, kegiatan-kegiatan seperti ini juga bisa menjadi ajang peningkatan soft skill mahasiswa sebagai realisasi dari konsep kampus merdeka belajar.

Kepala Makara Art Center UI, Ngatawi Al-Zastrouw, menjelaskan, dalam upaya membangun sinergi antara kampus UI, masyarakat, dan tokoh agama, pada event gelar seni ini akan disampaikan beberapa harapan dan pandangan para tokoh agama dan masyarakat terhadap kampus UI, selain itu juga akan ada penayangan berbagai prestasi dan kerja sosial UI untuk masyarakat.

"Dengan cara ini kami berharap keberadaan UI makin disadari oleh masyarakat karena terasakan manfaatnya,” kata Zastrouw. 

Menurut Prof. Ganjar acara seperti ini juga bisa menjadi bahan muhasabah (mengaca diri) bagi sivitas akademika UI.

Kegiatan Gelar seni budaya Dies Natalis ke-71 UI ini akan dilaksanakan secara hybrid atau dwifungsi, yaitu perpaduan antara daring (online) dan luring (offline). Acara luring dilaksanakan di Auditorium MAC dan ditayangkan secara daring melalui kanal Youtube Makara Art Center UI pada pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Sekolah Ilmu Lingkungan UI bangun Balai Bambu di Kampung Nelayan
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021