Sebanyak 317 warga Bangka Barat positif COVID-19 setelah bertambah 2

Sebanyak 317 warga Bangka Barat positif COVID-19 setelah bertambah 2

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma. (ANTARA/Donatus Dasapurna)

Mentok, Babel (ANTARA) - Sebanyak 317 warga di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 setelah terjadi penambahan  dua pasien.

"Dari 317 kasus tersebut, sebanyak 290 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 23 orang masih menjalani perawatan dan isolasi. Sedangkan jumlah pasien yang meninggal dunia empat orang," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, pola penularan virus untuk saat ini sudah terjadi transmisi dalam daerah sehingga masyarakat diharapkan tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, yaitu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Baca juga: 19 pasien COVID-19 isolasi mandiri di Bangka Barat dinyatakan sembuh

Baca juga: 14 kru kapal tanker di Perairan Mentok positif COVID-19


"Untuk hari ini terjadi dua tambahan kasus baru dari Kecamatan Mentok, yaitu tuan Ma (28) dan tuan Fa (32) yang saat ini masih menjalani isolasi di Wisma Karantina Provinsi Babel di Pangkalpinang," katanya.

Hampir setiap hari ditemukan kasus baru hasil dari pemeriksaan tes usap yang dilakukan Satgas COVID-19 dalam penelusuran kasus yang ada di daerah itu.

Untuk itu diharapkan masyarakat selalu patuh protokol kesehatan dan bagi warga yang memiliki riwayat kontak erat dengan para pasien untuk melakukan isolasi mandiri.

"Bagi mereka yang mengalami gejala, seperti gangguan berkurangnya indera penciuman, indera pengecap atau perasa untuk segera menghubungi petugas pusat kesehatan masyarakat terdekat," katanya.*

Baca juga: Kasus COVID-19 di Bangka Barat bertambah menjadi 239 orang

Baca juga: Satgas COVID-19 Bangka Barat evakuasi 11 pekerja Kapal Conoco
Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021