Kemarin, vaksin COVID bagi guru PAUD hingga perbaikan tanggul Citarum

Kemarin, vaksin COVID bagi guru PAUD hingga perbaikan tanggul Citarum

Presiden Joko Widodo meninjau proses vaksinasi COVID-19 kepada guru dan tenaga pendidikan di SMA Negeri 70 Bulungan , Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Agus Suprapto/aa. (Handout Biro Pers Sekretariat Presiden/Agus Suprap)

Jakarta (ANTARA) - Berikut sejumlah berita humaniora kemarin (24/2) yang menarik perhatian pembaca dan layak untuk dibaca pagi ini diantaranya prioritas vaksin COVID-19 untuk guru PAUD dan SD, Presiden Joko Widodo menargetkan perbaikan tanggul Sungai Citarum dalam dua hari.

Kemudian, berita terkait pembelajaran tatap muka bisa dimulai setelah vaksinasi guru, serta WNA-WNI yang datang ke Indonesia wajib karantina lima hari.

Nadiem: Prioritas vaksin untuk guru jenjang PAUD dan SD

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan prioritas guru yang mendapatkan vaksinasi adalah guru jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD).

“Prioritas vaksin dialokasikan untuk guru yang mengajar jenjang yang lebih muda dahulu. Dari jenjang PAUD, SD dan SLB baru kemudian jenjang SMP, SMA dan perguruan tinggi,” ujar Nadiem dalam peluncuran program vaksinasi untuk guru di SMAN 70 Jakarta, Jakarta, Rabu.

Cek berita: di sini

Presiden perintahkan perbaikan tanggul Citarum selesai dalam dua hari

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan perbaikan tanggul penahan air Sungai Citarum di Desa Sumber Urip Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dapat selesai dalam dua hari mendatang.

Tanggul tersebut sebelumnya jebol pada Sabtu (20/2) dan menyebabkan banyak rumah warga rusak dan hilang atau hanyut.

Baca berita: di sini

Mendikbud: Pembelajaran tatap muka bisa dimulai setelah vaksinasi guru

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa pembelajaran tatap muka bisa dimulai setelah vaksinasi COVID-19 pada guru selesai dilaksanakan.

"Kalau kita bisa menyelesaikan vaksinasi ini sampai dengan akhir bulan Juni, maka tahun ajaran berikutnya, pada Juli, bisa melakukan pembelajaran tatap muka," katanya pada acara peluncuran program vaksinasi guru di SMAN 70 Jakarta, Jakarta, Rabu.

Simak berita: di sini

WNA-WNI yang datang ke Indonesia wajib karantina lima hari

Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa warga negara asing (WNA) yang datang ke Indonesia maupun warga negara Indonesia (WNI) yang melakukan repatriasi ke Tanah Air wajib melakukan karantina mandiri selama lima hari di tempat yang ditentukan oleh pemerintah.

Sub Koordinator Karantina Kesehatan Wilayah dan Pos Lintas Batas Darat Kementerian Kesehatan I Made Yosi Purbadi Wirentana dalam acara diskusi yang diselenggarakan Satgas Penanganan COVID-19 secara daring di Jakarta, Rabu, menyebutkan ketentuan tersebut telah diatur dalam Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi COVID-19.

Cek berita: di sini

Menaker dan Menparekraf bahas peningkatan kompetensi sektor pariwisata

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu untuk membahas peningkatan kompetensi tenaga kerja pada sektor periwisata dan ekonomi kreatif.

"Sebenarnya semua itu sudah berjalan, jadi tinggal kita perkuat lagi dengan kedatangan Pak Menparekraf ke kantor Kemnaker. Kami akan intervensi untuk peningkatan SDM terutama di lima destinasi super prioritas," kata Menaker Ida dalam keterangan resmi Kemnaker yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca berita: di sini

1,3 juta orang di Indonesia telah divaksinasi COVID-19

Sebanyak 1.363.138 orang di Indonesia telah divaksinasi COVID-19 atau bertambah 93.233 penduduk dari hari sebelumnya sebagai upaya membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus SARS CoV 2 dalam penanganan pandemi di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang dikutip di Jakarta, Rabu, sebanyak 825.650 orang dari total 1.363.138 orang telah melakukan vaksinasi dosis kedua, jumlah ini bertambah 35.684 orang dibandingkan pada hari sebelumnya.

Simak berita: di sini

Kasus positif COVID-19 bertambah 7.533, "positivity rate" 10,3 persen

Kasus baru konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang dilaporkan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Rabu (24/2) 2021 hingga pukul 12.00 WIB sebanyak 7.533 kasus dengan total menjadi 1.306.141 kasus, dengan positivity rate atau perbandingan jumlah kasus baru dengan spesimen diperiksa sebesar 10,3 persen.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 yang diterima di Jakarta, pasien sembuh pada Rabu ini bertambah 7.735 orang dengan total pasien COVID-19 yang berhasil pulih menjadi 1.112.725 orang.

Cek berita: di sini

 
Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021