Purwokerto, Jateng (ANTARA) - Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dr Yudhi Wibowo mengatakan masyarakat harus ikut berperan aktif menyukseskan program vaksinasi guna mempercepat penanganan pandemi COVID-19.

"Kepada semua masyarakat terutama mereka yang masuk kelompok risiko tinggi yaitu lansia, mereka yang punya komorbid, mereka yang usia di atas 45 tahun atau yang banyak berinteraksi dengan orang lain maka diharapkan dapat menyiapkan diri ikut vaksinasi," katanya di Purwokerto Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah, Sabtu.

Baca juga: Peneliti dorong gencarkan sosialisasi vaksin COVID-19

Kendati demikian, kata dia, jika nantinya telah mendapatkan vaksinasi, masyarakat tetap harus menaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Tetap pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," katanya.

Baca juga: 20 ribu dosis vaksin COVID-19 tahap dua tiba di Aceh

Dia menjelaskan bahwa vaksinasi merupakan salah satu cara untuk pencegahan dari risiko penularan COVID-19.

"Kendati demikian walau sudah vaksinasi masih harus tetap menerapkan protokol kesehatan guna memproteksi diri," katanya.

Baca juga: Aplikasi Dakwah MUI bantu sosialisasikan vaksin COVID-19

Dia menambahkan bahwa sosialisasi mengenai program vaksinasi harus bersifat menyeluruh dan sampai ke seluruh lapisan masyarakat.

"Tujuannya untuk mendukung proses vaksinasi yang sedang berjalan di Indonesia," katanya.

Dja juga menambahkan bahwa akselerasi vaksinasi di Tanah Air sangat penting untuk segera dilakukan guna mencapai kekebalan komunitas atau "herd immunity".

Dosen Fakultas Kedokteran Unsoed tersebut juga mengatakan masyarakat merupakan salah satu garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta berbagai protokol kesehatan lainnya," katanya.

Menurut dia, penggunaan masker yang standar dan tepat cara pakainya sangat efektif untuk mencegah penularan COVID-19.

"Oleh karena itu kampanye dan edukasi secara terus menerus kepada seluruh masyarakat sangat dibutuhkan, perlu dilakukan secara berulang-ulang, tanpa mengenal menyerah," katanya.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga berperan strategis dalam mewujudkan suksesnya program vaksinasi.
 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021