Timika (ANTARA) -
Personel Binmas Noken Polri berhasil meningkatkan kesejahteraan pendapatan petani orang asli Papua di perbatasan Timika dan Kabupaten Nabire dengan menikmati empat kali hasil panen.

Kasubsatgas Mutimedia Satgas Ops Nemangkawi AKBP Dr Arief Fajar Satria dalam keterangan yang diterima ANTARA, Minggu, mengatakan bahwa produksi pertanian telah meningkat berkat dukungan Binmas Noken Polri.

Menurut Arief, Binmas Noken setiap secara rutin melakukan pendampingan terhadap proses pengolahan hingga panen, hingga saat ini para petani sudah empat kali panen dengan hasil yang banyak dan memuaskan.

Sambil memandang luasnya sawah pertanian padi, AKBP Arief berbincang dengan salah satu anggota dari kelompok petani orang asli Papua, Jon.

Baca juga: Binmas Noken Polri apresiasi donatur sepatu untuk SD Inpres Papua

Petani Jon mengaku kehadiran Binmas Noken sangat membantu masyarakat setempat. Pak Jon mengaku, semenjak dibina Binmas Noken sudah empat kali panen Padi dengan hasil yang tidak sedikit.

“Luar biasa...Dari dua petak terus berkembang dan berkembang,”ungkap AKBP Arief

AKBP Arief mengatakan petani binaan Binmas Noken, selain menanam padi, ada juga sayuran dan cabai.

“Di sini sayur sawi dan cabai segar dan tumbuh subur,” sebut AKBP arief.

Selain itu, AKBP Arief juga mengatakan bahwa masyarakat di Papua sangat rukun tanpa membeda-bedakan antar suku.

“Kita disini bersama-sama, tidak ada perbedaan suku, torang baku jaga, baku bantu untuk kesejahteraan bersama,” jelas AKBP Arief.

Baca juga: Binmas Noken Polri 'Pi Ajar' di SD Dondobaga Puncak Jaya

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Arief kemudian berbincang dengan Binmas Noken Polri AKP Aman yang selama ini bersama-sama dengan petani dalam membina dan mengembangkan pertanian.

“Saya ingin memberi apa yang saya ketahui tentang pertanian, itu yang saya berikan ke masyarakat disini,” ungkap AKP Aman.

Terakhir, AKBP Arief mengatakan, ini merupakan sedikit gambaran keberhasilan Polri dalam memberdayakan ekonomi orang Papua sekaligus menjadikan Polri sebagai sahabat sejati masyarakat.

Tim Divhumas Polri melakukan peninjauan langsung di lokasi pertanian dipimpin langsung Kasatgas 3 Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusi didampingi Kasubsatgas Mutimedia Satgas Ops Nemangkawi AKBP Dr. Arief Fajar Satria dan Kompol Rudi Hartono, S Kom. M.Kom.

Baca juga: Polri komitmen jaga peradaban masyarakat Papua

Pewarta: Muhsidin
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021