usia kandungan masih tujuh bulan
Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur mengevakuasi seorang ibu yang melahirkan bayi secara prematur di kawasan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Minggu.

"Laporan permintaan bantuan ini kami terima sekitar pukul 04.00 WIB, bahwa ada seorang ibu yang melahirkan di dalam rumah secara prematur di usia kandungan tujuh bulan," kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman di Jakarta.

Baca juga: Personel damkar mencari orang hilang di Sungai Ciliwung

Gatot mengatakan ibu yang melahirkan bernama Ika Tri Wahyuningsih (39) warga Jalan Kamboja RT010/RW01 Kelurahan Kebon Pala.

Ika melahirkan bayinya sekitar pukul 02.00 WIB oleh bidan. Sementara jabang bayi telah dilarikan menuju Rumah Sakit Budhi Asih untuk memperoleh penanganan intensif tenaga medis.

Baca juga: Instalasi listrik di Jalan Balai Pustaka terbakar saat hujan deras

Sedangkan Ika yang kehabisan tenaga usai melahirkan tetap berada di dalam kamar rumahnya. Kondisi itu lantas membuat bidan bingung untuk mengevakuasi Ika sebab tidak ada kendaraan.

Bidan pun berupaya menghubungi petugas damkar untuk membantu proses evakuasi Ika.

Sebanyak lima personel damkar dikerahkan menuju rumah Ika untuk dilakukan evakuasi menuju fasilitas klinik terdekat.

Baca juga: Belasan kendaraan berikut bangunan bengkel reparasi terbakar di Jaktim

Petugas mengevakuasi Ika menggunakan tandu dengan didampingi seorang bidan untuk memberikan panduan keselamatan selama perjalanan.

"Saat evakuasi dari rumah ke klinik, anggota didampingi Bidan Ani. Kita mulai evakuasi pukul 04.30 WIB, selesai pukul 05.00 WIB. Alhamdulillah proses evakuasi berjalan lancar," katanya.

Setelah mendapat penanganan medis di klinik, kondisi Ika saat ini sudah berangsur membaik.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021