Cibinong, Bogor (ANTARA) - Perempuan berinisial K (56) yang merupakan pembuang sampah berupa botol plastik ke mulut kuda nil di Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyampaikan permintaan maaf.

"Saya pelaku membuang sampah itu tidak sengaja, enggak sengaja. Saya minta maaf sekali," ungkapnya saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Bogor, Cibinong, Bogor, Selasa.

Warga Desa Nanjungmekar, Kabupaten Bandung, itu masih menjalani pemeriksaan oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bogor, sejak siang hari.

Baca juga: BKSDA Kalteng: Buang sampah di sungai picu buaya sasar permukiman

Sementara, Public Relations TSI Bogor, Yulius H Suprihardo menyebutkan bahwa kejadian yang videonya sempat viral di dunia maya itu terjadi pada Minggu, 9 Maret 2021.

Menurut dia, saat petugas melakukan pemeriksaan terhadap satwa kuda nil bernama Ari, tak hanya ditemukan sampah berupa botol plastik berwarna biru, melainkan juga didapati gumpalan tisu.

Baca juga: Pembuang sampah di Kalimalang Bekasi serahkan diri

Yulius memastikan bahwa Ari telah memuntahkan kembali sampah-sampah yang masuk ke dalam mulutnya. Pasalnya, jika tertelan bisa menyebabkan kematian.

"Saat ini satwanya sih aman karena kuda nilnya memuntahkan kembali sampah tersebut. Padahal kalau sampai tertelan bisa menyebabkan kematian bagi satwa kami, kan botol plastik mineral itu kan terurai ratusan tahun," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa tim medis Taman Safari juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap satwa asal Afrika tersebut dengan hasil yang tidak ditemukan luka ataupun kelainan.

Baca juga: Viral, pengendara mobil buang karung sampah ke Kalimalang Bekasi

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021