Bandung (ANTARA) - Penyanyi dan penyiar Eddi Brokoli berbagi tips berkendara dan touring aman mengendarai sepeda motor.

Eddi yang merupakan "anak motor" ini sering melakukan touring jarak jauh. Eddi yang sangat memperhatikan safety riding pun berbagi pengalaman hal-hal apa saja yang wajib diperhatikan selama melakukan perjalanan khususnya bagi para penggemar touring pemula.

"Yang pasti safety riding nomor satu, kalau jarak jauh helm harus full face, ini untuk menghindari impact, amit-amit kalau sampai terjadi kecelakaan," ujar Eddi saat berbincang di Eiger Flagship Store, Bandung, Selasa.

Baca juga: Touring kemerdekaan di jalur "off road" Hambalang pakai Yamaha WR 155R

Jaket dan celana yang digunakan pun harus sesuai standar berkendara dan sebisa mungkin memiliki protektor agar terhindar dari benturan.

"Kalau pakai protektor paling tidak terlindungi. Lututkan bisa kena motor orang atau mobil yang berlawanan. Kalau jatuh itu lutut duluan yang kena sama sikut, kalau punggung jarang sih," kata mantan vokalis band Harapan Jaya itu.

Brand ambassador Eiger Adventures ini mengatakan dalam memilih sepatu, gunakanlah yang menutupi mata kaki. Selain itu, selalu sedia jas hujan sekalipun sedang musim kemarau atau cuaca cerah.

Eddi mengingatkan agar selalu membawa baju, jaket, dan sepatu cadangan sebagai persiapan jika tiba-tiba terjadi hujan dan belum sempat menggunakan jas hujan.

"Boots cover juga jangan lupa buat menutup sepatu karena kaki kalau kehujanan terus berkendara berjam-jam rasanya enggak nyaman, kalau enggak nyaman konsentrasi juga akan menurun," kata Eddi.

Eddi juga mengatakan jika melakukan perjalanan jarak yang jauh, sebaiknya tidak menggunakan tas punggung. Sebab hal ini hanya akan membuat tubuh menjadi cepat lelah.

"Karena capek nanti punggungnya, kita jalan berliku tapi punggung juga harus menanggung beban. Simpan barang-barangnya di side box, paling barang-barang yang penting aja yang di waist bag," ujar Eddi.

Baca juga: Liburan keluar kota naik motor, berikut hal yang perlu diperhatikan

Baca juga: IMI segera terbitkan regulasi kegiatan touring kendaraan

Baca juga: JMC rayakan kemerdekaan RI ke-75 sekaligus berdonasi
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021