Para penumpang langsung dievakuasi menuju Sorong dengan menggunakan kapal Basarnas dalam keadaan sehat
Sorong, Papua Barat (ANTARA) - Tim Kantor Basarnas Sorong Provinsi Papua Barat melakukan evakuasi sembilan penumpang kapal ikan KMN Rizqulla-7A yang mengalami kecelakaan di perairan Kabupaten Raja Ampat, Rabu.

Kepala Kantor Basarnas Sorong Mochamad Arifin di Sorong, Rabu, mengatakan pihaknya menerima laporan dari masyarakat pada pukul 05.40 WIT yang mengatakan bahwa kapal tersebut mengalami patah as sehingga tidak bisa melanjutkan pelayaran.

Baca juga: Basarnas berhasil evakuasi pendaki jatuh di jurang Gunung Lompobatang

Dia mengatakan setelah menerima laporan tim Rescue KPP Sorong dengan armada kapal RB 221 langsung berangkat dari dermaga KSOP menuju lokasi kejadian pada pukul 06.10 WIT.

Menurutnya, lokasi kejadian di perairan Tanjung Makoi Kabupaten Raja Ampat dengan koordinat lokasi kejadian : 0° 40 ' 36'' S- 130• 54' 37E.

Baca juga: Basarnas Kendari : Kecelakaan laut terbanyak di perairan Wakatobi

Ia menjelaskan bahwa tim menemukan kapal nelayan Risqulah 7A dengan seluruh atau sembilan ABK dan penumpang dalam keadaan selamat di lokasi kejadian.

"Para penumpang langsung dievakuasi menuju Sorong dengan menggunakan kapal Basarnas dalam keadaan sehat," ujarnya.

Baca juga: Basarnas cari nelayan hilang di perairan Raja Ampat

Ia menyampaikan, peran serta seluruh komponen terutama masyarakat sangat penting dan dibutuhkan oleh Basarnas dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Karena itu, dia berharap masyarakat dapat melaporkan senantiasa peristiwa atau kejadian di alam yang membahayakan nyawa manusia serta membutuhkan pertolongan oleh tim Basarnas.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021