Jakarta (ANTARA) - Samsung Electronics meluncurkan model terbaru di seri Galaxy A, yakni Galaxy A72, Galaxy A52 dan Galaxy A52 versi 5G.

"Kamera di Galaxy A52 dan Galaxy A72 bisa mengambil gambar seperti yang Anda lihat dengan mata," kata Brand Experience Samsung Electronics, Se-Jin Lee, saat siaran langsung peluncuran, Rabu, malam.

Ketiga ponsel yang diluncurkan secara global malam ini mengedepankan fitur kamera, yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memotret maupun merekam video.

Baca juga: Samsung luncurkan ponsel sejutaan Galaxy A02
Baca juga: Samsung gencar tambah ekosistem perangkat pintar di Indonesia


Galaxy A52
Ponsel berukuran 6,5 inci ini menggunakan layar Super AMOLED dan resolusi FHD+ 1080x2400 piksel, dengan kerapatan 407 piksel per inci.

Samsung memberikan refresh rate 90Hz untuk Galaxy A52, yang menggunakan desain takik atau notch Infinity-O Display.

Keunggulan ponsel ini terletak pada kamera depan maupun belakang, Samsung menyematkan lensa resolusi 32MP.

Sementara di belakang, terdapat empat kamera masing-masing berupa lensa utama 64MP, lensa ultra-wide 12MP, lensa makro 5MP dan lensa depth 5MP.

Samsung membekali lensa 64MP dengan teknologi Optical Image Stabilization (IOS) agar ponsel tetap stabil ketika memotret atau merekam video sambil bergerak.

Kamera belakang ponsel ini mampu mengambil gambar dengan pembesaran digital hingga 10 kali dan fitur 4K Video Snap untuk mengubah video 4K ke gambar 8MP.

Kamera ponsel ini juga dibekali kecerdasan buatan untuk menangkap objek gambar di 30 kategori berbeda, antara lain makanan, hewan peliharaan dan pemandangan.

Sementara untuk fotografi malam hari, Galaxy A52 memiliki fitur Night MOde yang menggunakan multi-frame processing untuk menghasilkan gambar yang jelas meski pun dalam kondisi minim cahaya.

Dari segi dapur pacu, ponsel ini ditenagai chip octa-core, namun, Samsung belum mengumumkan merk apa yang digunakan untuk Galaxy A52. Kemampuan dapur pacu didukung baterai sebesar 4.500mAh.

Untuk ruang penyimpanan, Samsung memberikan pilihan RAM 4GB, 6GB dan 8GB serta kapasitas penyimpanan internal 128GB dan 256GB.
Samsung Galaxy A52. (ANTARA/HO)

Galaxy A52 5G
Tampilan fisik Galaxy A52 5G tidak berbeda dengan yang versi reguler, termasuk kemampuan kamera.

Selain perbedaan koneksi ke jaringan termutakhir, Galaxy A52 menggunakan chipset octa-core yang berbeda dengan versi reguler.

Sementara untuk pilihan penyimpanan, Galaxy A52 terdiri dari pilihan RAM 6GB dan 8GB serta kapasitas interna 128GB dan 256GB.

Galaxy A52 5G juga memiliki refresh rate lebih tinggi yaitu 120Hz.

Galaxy A72
Ponsel ini berukuran lebih besar dibandingkan kedua versi Galaxy A52, yakni 6,7 inci menggunakan panel Super AMOLED resolusi FHD+ 1080x2400. Kerapatan layar ini sebesar 394 piksel per inci, sementara refresh rate 90Hz.

Sama seperti ponsel lain yang diluncurkan malam ini, Galaxy A72 juga memiliki kamera swafoto sebesar 32MP.

Kamera belakang Galaxy A72 berupa lensa utama 64MP, lensa ultra-wide 12MP, lensa makro 5MP dan lensa tele 8MP.

Kemampuan zoom digital ponsel ini mencapai 30 kali, Galaxy A72 menjadi ponsel seri A pertama yang memiliki zoom optik yaitu sebesar 3 kali.

Dapur pacu ponsel ini juga didukung chipset octa-core, sementara pilihan RAM dan ROm berupa 6GB dan 8GB serta 128GB dan 256GB.

Baterai yang disematkan pada ponsel ini sebesar 5.000mAh. Samsung belum merilis harga ponsel ini di Indonesia.

Baca juga: Review - Samsung Galaxy Buds Pro, lebih pintar dari pendahulunya
Baca juga: Review- Samsung Galaxy SmartTag, cari barang hilang lewat ponsel

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021