Pemkot Jaksel libatkan 37 RS swasta untuk percepat vaksinasi lansia

Pemkot Jaksel libatkan 37 RS swasta untuk percepat vaksinasi lansia

Petugas medis melakukan vaksinasi kepada warga lanjut usia di Jakarta Selatan, Senin (22/3/2021). (ANTARA/HO-Sudin Kominfotik Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melibatkan 37 rumah sakit swasta untuk mempercepat vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) di wilayah itu dengan sasaran sekitar 179 ribu orang.

"Untuk faskes pemerintah seperti rumah sakit umum daerah dan puskesmas sudah lama menggelar vaksinasi untuk lansia," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Muhammad Helmi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Doa dan ikhtiar lansia menuju kekebalan kelompok

Menurut dia, data vaksinasi lansia sudah diatur oleh Jakarta Smart City (JSC) yakni ada skema jadwal vaksinasi berikut nama dan rumah sakit yang dituju.

"Semua data sudah diberikan oleh JSC tinggal pihak RT dan RW yang mengimbau masyarakat untuk ikut vaksinasi," imbuhnya.

Pemkot Jaksel sedang menggenjot vaksinasi bagi warga lansia yang dilakukan hingga tingkat kecamatan hingga RT/RW.

Baca juga: Sekda DKI : Lansia antusias ikut vaksinasi di Jakarta Utara

Di Kecamatan Pancoran misalnya, vaksinasi dipusatkan di GOR Pengadegan, Kelurahan Pengadegan dengan target per hari vaksinasi sebanyak 550 lansia.

Wakil Camat Pancoran Robert Tobing mengatakan hingga akhir Maret 2021, ditargetkan 13 ribu lansia di Pancoran menerima vaksin.

Baca juga: Peserta vaksin kelompok lansia diimbau sertakan nomor HP yang benar

Dalam vaksinasi itu dikerahkan 35 orang tenaga medis dari Puskemas Kecamatan Pancoran, Klinik BPSDM Kemendagri, dan Rumah Sakit Tria Dipa.

Sementara itu, Lurah Pengadegan Azhari mengimbau kepada masyarakat mengikuti vaksinasi yang disosialisasikan PKK hingga RT/RW.
Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021