Khususnya demi membawa kemajuan bagi marwah DPR RI, MKD siap bersinergi dan akan bekerja optimal
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Andi Rio Idris Padjalangi mengatakan MKD DPR RI dapat memiliki kontribusi nyata dalam menegakan aturan terhadap etika para pejabat publik khususnya anggota DPR.

"Saya optimistis MKD akan membawa marwah lembaga dan anggota DPR lebih baik dengan selalu menerapkan aturan dan mengutamakan pencegahan dengan selalu memberikan informasi yang edukatif," kata Andi Rio di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan MKD sangat butuh masukan dari seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk dapat bekerja sama dalam membangun marwah DPR RI yang lebih baik.

Menurut dia, melalui sinergitas tersebut, MKD dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara baik sesuai harapan masyarakat.

Baca juga: Ketua DPR ingatkan etika politik penting demi jaga kepercayaan publik

Baca juga: MKD DPR terima 30 laporan etik anggota dewan


"Khususnya demi membawa kemajuan bagi marwah DPR RI, MKD siap bersinergi dan akan bekerja optimal," ujarnya.

Andi Rio menjelaskan, ke depannya MKD akan melakukan kerja sama secara langsung dengan Mahkamah Partai yaitu partai politik yang lolos di DPR RI karena para anggota dewan merupakan kader partai politik.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, sinergi antara MKD DPR dengan Mahkamah Partai bertujuan untuk lebih mudah dalam melakukan koordinasi dan komunikasi karena menyangkut aturan dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) masing-masing partai.

Baca juga: MKD DPR komitmen tegakkan etika pejabat publik

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021