Jakarta (ANTARA) - Chef Devina Hermawan yang pernah berpartisipasi dalam ajang kompetisi memasak di saluran televisi swasta beberapa waktu lalu membagikan resep menu "Pannacota with Mixed Berry Sauce" sebagai pilihan menu camilan Anda bersama anak.

Untuk membuatnya, Anda memerlukan bahan-bahan antara lain gelatin bubuk, air, susu, stroberi, blueberry atau jenis berry lainnya sesuai selera Anda, butter, gula dan air.

Setelah bahan siap, campurkan gelatin bubuk dengan air dan biarkan mengembang. Lalu di panci, panaskan susu tidak perlu sampai mendidih.

Baca juga: Resep smoothie mangga untuk temani Minggu pagi

Baca juga: Lestarikan tradisi kuliner lokal dengan memilih makanan ramah iklim


Setelahnya, campurkan dengan gelatin yang sudah mengembang tadi. Aduk rata dan cetak. Diamkan 6-8 jam di dalam kulkas, dengan keadaan tertutup supaya tidak terkontaminasi.

Untuk sauce-nya, potong-potong buah berry yang Anda sudah siapkan. Lalu masak buah itu dengan gula dan air. Setelah warna dan rasa keluar, masukkan butter lalu aduk rata. Matikan api dan sauce berry siap dihidangkan.

Devina dalam sebuah konferensi pers daring, Kamis mengatakan, Anda perlu membuat variasi menu makanan setiap hari dengan mempertimbangkan kecukupan asupan gizi untuk diri Anda dan keluarga.

"Jangan masak yang itu-itu saja misalnya anak mau tekstur crispy atau lainnya. Jangan lupa juga asupan makronutrien, mikronutrien diberikan supaya asupan nutrisi (pada anak) lengkap)," kata dia.

Menurut dia, memasukkan susu dalam varian menu bisa menjadi pilihan karena bisa dikombinaskan dengan makanan asin atau manis. Di dalam susu juga ada rasa creamy yang cenderung disukai anak.

Sesekali, Anda juga bisa mengajak anak ikut memasak untuk melatih motorik dan bonding dengan Anda. Kegiatan ini juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mentalnya.

Sebelum memasak, Devina mengingatkan Anda memilih bahan makanan yang berkualitas baik dan menyimpannya dengan benar agar tidak terjadi proses kontaminasi.

Baca juga: Ide sarapan, nasi goreng kaya serat

Baca juga: Kiat membuat ganache agar kue semakin lezat

Baca juga: Polisi sebut Millen Cyrus konsumsi benzodiazepine sesuai resep dokter

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021