Jakarta (ANTARA) - Ciro Immobile membawa tim nasional Italia mengatasi Irlandia Utara 2-0 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup C di Stadion Ennio Tardini, Parma, Italia, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Penyerang Lazio itu mencetak gol kedua Italia di laga tersebut menyusul gol pembuka keunggulan yang dibukukan oleh Domenico Berardi, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu melanjutkan torehan gemilang Gli Azzuri yang tak terkalahkan dalam 24 pertandingan resmi terakhirnya dan hanya mengalami dua kekalahan semenjak ditangani Roberto Mancini per 15 Mei 2018.

Immobile hampir membuka keunggulan ketika ia menerima umpan jauh di dalam area pertahanan Irlandia Utara, sayang tembakan penyelesaiannya tidak begitu berbahaya dan mudah diamankan kiper Bailey Peacock-Farrell.

Baca juga: Mancini mulai menuai simpati menuju kebangkitan Italia
Baca juga: Mancini yakin sepak bola bisa bantu Italia di masa pemulihan


Pada menit ke-14, Berardi membawa Italia memimpin setelah ia mengendalikan umpan jauh kiriman Alessandro Florenzi sebelum melesat mendekati gawang tim tamu dan menaklukkan Peacock-Farrell dari sudut sempit.

Keunggulan itu baru mampu digandakan Italia tujuh menit jelang turun minum saat Lorenzo memimpin sebuah serangan balik cepat yang diakhiri umpan matang yang diselesaikan oleh Immobile, membuat Peacock-Farrell kembali takluk dari sudut sempit.

Gol itu menyudahi paceklik gol Immobile di laga internasional, setelah terakhir kali ia mencatatkan namanya di papan skor pada 18 November 2019 saat Italia melumat Armenia 9-1 di ajang kualifikasi EURO 2020.

Lima menit memasuki babak kedua Immobile berada di posisi bebas untuk menyambut bola tendangan bebas, tetapi sundulannya tak menemui sasaran.

Lini belakang Italia sempat melakukan keteledoran yang hampir dibayar mahal pada menit ke-56, beruntung kiper Gianluigi Donnarumma sigap mengusir bahaya dengan mementahkan tembakan voli Michael Smith.

Baca juga: Italia persembahkan sukses Nations League sebagai hadiah bagi Mancini
Baca juga: Mancini tetap siap bawa Italia juara meski Euro dimainkan tahun depan


Keteledoran serupa kembali berulang dua menit jelang bubaran waktu normal, beruntung kali ini tembakan sentuhan pertama Paddy McNair menyambut umpan Steven Davis masih melambung di atas mistar gawang.

Skor 2-0 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi, memperpanjang tren buruk bagi Irlandia Utara yang gagal mencetak gol tiap bertemu Italia sejak 1958.

Italia selanjutnya akan melakoni laga kedua mereka di Grup C di Bulgaria pada Minggu (28/3), ketika Irlandia Utara menghadapi Amerika Serikat dalam pertandingan persahabatan.

Baca juga: Swiss bekap Bulgaria ketika Denmark bungkam Israel
Baca juga: Kroasia tersungkur di Slovenia
Baca juga: Portugal hanya mampu menang tipis lawan Azerbaijan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021