Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan mengevakuasi seekor ular sanca dengan panjang sekitar dua meter yang masuk ke dalam motor milik warga di Tebet Timur, Kecamatan Tebet.

"Pelapor langsung mendatangi kantor Sektor Kecamatan Tebet dini hari untuk evakuasi ular," kata petugas Gulkarmat Jakarta Selatan Sektor Kecamatan Tebet Rizal di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, seorang warga yang tidak diungkapkan identitasnya itu mendatangi Sektor Kecamatan Tebet sekitar pukul 03.00 WIB.

Ketika itu seekor ular masuk ke dalam badan motor yang dilaporkan oleh seorang petugas keamanan warga dan kemudian disampaikan kepada pemilik motor.

Untuk mengevakuasi ular itu, pihaknya mengerahkan satu unit penyelamatan ringan (light rescue) dengan jumlah empat orang personel.

Ular sanca dengan warna kulit corak kuning dan hitam itu masuk ke badan motor tepatnya melintang dari bagian depan motor di bawah sandaran kaki.

Untuk mengevakuasi ular tersebut, petugas terpaksa membuka badan motor sehingga menjadi kendala bagi tim evakuasi.

Setelah berkutat sekitar 50 menit, ular sanca itu kemudian berhasil dikeluarkan.

Ular tersebut kini sudah diamankan di kantor sektor Kecamatan Tebet dan pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat.

Baca juga: Damkar Jakarta Timur evakuasi ular sanca sepanjang empat meter
Baca juga: Dalam sehari, Damkar Jakbar evakuasi dua ular sanca di Kebon Jeruk

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021