Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 124 personel Polda Kalimantan Tengah yang akan ditugaskan mengamankan kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin ke Kabupaten Barito Utara, menjalani vaksinasi COVID-19.

"Personel yang divaksin ini siap untuk melaksanakan tugas dalam rangka kunjungan kerja Wapres ke Kabupaten Barito Utara. Mereka yang sudah divaksin juga wajib menerapkan protokol kesehatan saat bertugas," kata Kepala Bidang Dokter dan Kesehatan Polda Kalteng Kombes Pol dr. Danang Pamudji melalui Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompilasi Anton di Palangka Raya, Sabtu.

Baca juga: Wapres minta masyarakat lebih banyak dilibatkan pelaksanaan vaksinasi

Baca juga: Polda Kalteng tetap prioritaskan penanganan COVID-19 dan karhutla


Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah sekaligus meresmikan Bandar Udara HM Sidik di Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara pada 30 Maret 2021.

Persiapan pun mulai dilakukan, termasuk personel pengamanan. Bagi personel yang terpilih dalam pengamanan tersebut, diwajibkan menjalani vaksinasi dengan tujuan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Ia mengatakan selain wajib menjalani vaksinasi, 124 personel yang terlibat pengamanan tersebut diperiksa kesehatannya untuk memastikan bahwa yang bersangkutan benar-benar sehat dan siap ketika melaksanakan tugasnya.

Meski pengecekan kesehatan personel dan pemberian vaksin sudah dilakukan, Anton tetap mengimbau agar personel jangan pernah melanggar protokol kesehatan, terlebih saat melaksanakan tugas.

"Apabila satu saja ada anggota yang terpapar virus tersebut, bahayanya bisa menjangkit ke mana-mana. Maka dari itu, kehati-hatian personel di lapangan wajib ditingkatkan, khususnya dalam pelaksanaan protokol kesehatan," ungkapnya.

Sementara itu, ratusan personel yang dilibatkan dalam pengamanan Wapres tersebut terlihat santai ketika menjalani vaksinasi. Mereka juga menjalani pengecekan kesehatan yang dipusatkan di lapangan Barigas di Polda Kalteng Jalan Tjilik Riwut km 1 Palangka Raya.

Mereka yang sudah terpilih untuk mengamankan kunjungan kerja orang nomor dua di Republik Indonesia ini, juga sudah siap. Selain mempersiapkan diri, mereka juga menyiapkan peralatan yang wajib dibawa, seperti pakaian dinas beserta peralatannya dan yang terpenting bekal adalah alat pelindung diri, seperti masker, hand sanitizer dan lainnya.

Baca juga: Wapres minta puskesmas perkuat pelayanan publik

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021