insentif tali kasih ini merupakan bagian dari upaya menjaga kesiapan fisik dan moral para relawan Tagana
JAKARTA (ANTARA) - Bank Mandiri menyalurkan tali asih dari Kementerian Sosial kepada 26 ribu relawan tenaga siaga bencana (Tagana) untuk meningkatkan motivasi dan kesiagaan dalam memberikan bantuan darurat kepada korban bencana.

"Kami melihat insentif tali kasih ini merupakan bagian dari upaya menjaga kesiapan fisik dan moral para relawan Tagana, terutama pada kondisi normal agar mereka selalu siap karena bencana alam acap terjadi di saat yang tidak diharapkan," kata Vice President Bank Mandiri Puri Ranti saat mendampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam peringatan HUT Tagana dan Jambore Nasional 2021 di Pengandaran, Jawa Barat, Rabu.

Ia memastikan perseroan juga akan menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan agar proses penyaluran insentif tali kasih kepada para relawan tersebut bisa berjalan lancar.

Puri Ranti menambahkan pihaknya telah menyiapkan kartu debit bercip yang didaftarkan untuk setiap relawan. Nantinya, penyaluran insentif ini akan dikredit secara langsung ke rekening Mandiri relawan. Fasilitas Mandiri kartu debit yang disiapkan tersebut juga akan berfungsi sebagai tanda pengenal Tagana.

Baca juga: Bank Mandiri tingkatkan transaksi online melalui Livin' By Mandiri

"Kerja sama ini juga akan berdampak positif bagi para relawan karena mereka bisa memperoleh akses keuangan ke produk pembiayaan dari Bank Mandiri, apalagi jika mereka juga memiliki usaha," katanya

Sesuai alokasi yang ditentukan Kementerian Sosial, Bank Mandiri menyalurkan insentif tali asih Tagana melalui kartu debit sebesar Rp250.000 per bulan atau senilai total Rp78 miliar per tahun kepada 26.000 rekening.

Relawan Tagana merupakan relawan sosial yang sudah terlatih atau tenaga kesejahteraan sosial yang berasal dari masyarakat dengan rasa kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana yang meliputi kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, serta rehabilitasi.

Baca juga: Bank Mandiri akan tambah cadangan Rp1 triliun, antisipasi kredit macet

Baca juga: Bank Mandiri bagikan dividen Rp10,27 triliun


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2021