Jakarta (ANTARA) - PT PP, BUMN konstruksi dan investasi, memberikan bantuan sosial kepada warga yang terkena dampak ledakan Kilang Minyak Balongan di Indramayu, Jawa Barat, dalam upaya ikut membantu serta meringankan beban yang dialami para korban.

"Perseroan melalui tim proyek telah bergerak cepat untuk membantu korban yang terkena dampak kebakaran dengan menyalurkan bantuan logistik kepada posko pengungsian,” kata Sekretaris Perusahaan PT PP (Persero) Yuyus Juarsa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Bantuan tersebut diberikan secara langsung ke lokasi pengungsian yang diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indramayu di GOR Bumi Patra Balongan.

Dikatakan, bantuan logistik yang diberikan tersebut terdiri dari makanan siap saji (mie instan, biskuit), air mineral, beras, perlengkapan keselamatan (masker, handsanitizer), perlengkapan mandi (shampo, sabun, handuk), minyak kayu putih, keperluan anak dan bayi (susu kotak, popok bayi), selimut, serta sarung.


Baca juga: PP berikan bantuan untuk korban banjir di Jateng



Yuyus mengatakan pula, selama bulan Maret 2021 ini, Perseroan telah memberikan bantuan sosial untuk kebutuhan ibadah, pendidikan, serta sarana & prasarana lainnya di berbagai wilayah Indonesia. Perseroan telah memberikan bantuan untuk pembangunan asrama lokal santri Pondok Pesantren Tahfizhul Quran yang berlokasi di Desa Juwiring, Klaten, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Perseroan juga memberikan bantuan untuk pembangunan renovasi Mushollah Al Muttaqin di Kelurahan Gedong, Pasar Rebo, Jakarta dan pembangunan Masjid Baiturrahim & Rumah Tahfidz di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Masih di sektor rumah ibadah, Perseroan juga memberikan bantuan untuk pembangunan Gedung Majelis Adat di Kabupaten Buleleng, Bali.

Di sektor Pendidikan, Perseroan juga memberikan bantuan untuk fasilitas pemagaran SMP Muhammadiyah 2 Leuwiliang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, juga memberikan bantuan sosial untuk pembangunan sarana prasarana Asrama Yatim Piatu Dhuafa Asy Syuhada di Desa Cibeber Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Baca juga: 932 orang mengungsi akibat kebakaran Kilang Pertamina Balongan


Di awal Maret Perseroan telah memberikan bantuan pengadaan tenda desa di Desa Sidomulyo, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara. Masih di Provinsi Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Samosir, Perseroan telah menyalurkan bantuan kepada beberapa desa.

Jenis bantuan adalah handsprayer dan mesin babat untuk Kelompok Tani Dostahi di Desa Janji Marapot, bantuan Handsprayer Elektrik untuk Kelompok Tani Sukses Tani di DesaHuta Ginjang, bantuan Pipanisasi Air Minum di Desa Urat II, bantuan pengadaan Rabat Beton Jalan di Desa Hutabolon, dan bantuan handsprayer untuk Kelompok Tani Marsada di Desa Turpuk Malau.

Bantuan sosial yang diberikan oleh Perseroan tersebut merupakan salah satu bentuk konstribusi dan tanggungjawab sosial perusahaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

"Perseroan sebagai salah satu BUMN siap mengawal program Pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 yang berstatus sebagai bencana nasional," katanya.


Baca juga: Kebakaran di Balongan, Anggota DPR: Momentum audit semua kilang minyak

Baca juga: Pekerja terdampak di sekitar PT PP diberi bantuan kebutuhan pokok

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021