Kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden pada Ratas persiapan penyelenggaraan PON XX 2021
Jakarta (ANTARA) - Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP) datang ke Papua dan menemui perwakilan Dewan Adat Papua, perwakilan Majelis Rakyat Papua, perwakilan gereja, pemerintah daerah hingga Kodam XVII/ Cenderawasih untuk berkoordinasi dan perkuatan koordinasi persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

"Kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden pada Ratas persiapan penyelenggaraan PON XX 2021, 15 Maret 2021," kata Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani, Selasa.

Pada kunjungannya ini, Jaleswari menyambut baik berbagai perkembangan positif yang disampaikan dan menegaskan bahwa semua pihak tidak boleh lengah sebelum hari "H" pelaksanaan PON.

Dia juga meminta agar dilaksanakan rapat-rapat koordinasi rutin antara kementerian/lembaga di tingkat pusat dan daerah untuk memastikan PON XX 2021 terlaksana dengan baik.

"PON XX 2021 merupakan kesempatan untuk memperkenalkan luar biasanya Papua kepada kawasan dan dunia. Lebih dari sekadar perhelatan olahraga, PON XX 2021 merupakan acara yang penuh makna bagi Indonesia dan Papua," tutur Deputi V.

Jaleswari menambahkan, kehadirannya di Papua juga sesuai tugas pokok dan fungsi KSP, yakni “debottlenecking”. Dalam hal ini, KSP berkoordinasi mengawal pelaksanaan dengan seluruh pemangku kepentingan.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menyampaikan kesiapan Kodam XVII/Cenderawasih mendukung kesuksesan perhelatan PON XX 2021.

Baca juga: CdM meeting II PON Papua berlangsung di Jayapura 7-10 April

Baca juga: Menpora bantah kabar penundaan PON XX di Papua


Triyono mengatakan, Kodam telah menyiapkan beberapa barak dan rumah yang berada di satuan jajaran Kodam Cenderawasih di wilayah Jayapura, Merauke, dan Timika yang direnovasi menjadi standar Hotel Bintang 3.

"Selain itu Kodam Cenderawasih juga memberikan dukungan terkait transportasi selama pelaksanaan kegiatan PON," ucap Pangdam.

Pangdam berpesan agar para atlet yang akan berlaga di PON XX tidak perlu khawatir untuk berjuang dan berprestasi karena Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua sudah menjamin keamanannya.

"Kepada seluruh atlet yang ada di Indonesia datang, berlomba, dan bertanding-lah di Papua tanpa khawatir karena kami akan menjaga dan melindungi setiap individu atlet yang hadir di Papua dan mengamankan setiap event yang akan dilaksanakan pada kegiatan PON XX 2021," tutur Pangdam.

Sementara perwakilan Dewan Adat Papua Yanto Eluai menyampaikan, masyarakat adat Papua siap mendukung PON XX.

"Sesuai prinsip ‘Yo Yolonggo’ dalam bahasa Sentani, yang artinya kepala suku adalah pengayom, pelindung, penjaga bagi siapa pun yang datang di wilayah adat-nya," ujarnya.

Adapun perwakilan tokoh agama pendeta Albert Yoku dari GKI Papua menegaskan, tokoh agama akan berdoa untuk kesuksesan PON dan menggerakkan umat untuk juga mendukung kesuksesan PON, yang merupakan kehormatan bagi Papua.

Baca juga: DPD RI beri solusi anggaran untuk KONI daerah jelang PON Papua

Baca juga: Moeldoko: PON XX jadi ajang Papua tunjukkan eksistensi ke dunia

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021