Washington (ANTARA News) - Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde berjanji untuk terus maju dengan pemotongan pengeluaran , meskipun ada peringatan dari Amerika Serikat bahwa pemotongan anggaran Eropa dapat menggagalkan pemulihan global.

"Keseimbangan keuangan publik kami adalah prioritas," kata Lagarde kepada Wall Street Journal,di Washington, Selasa yang menentang tuntutan Presiden AS Barack Obama bahwa setiap pemotongan harus menunggu sampai pemulihan terjamin.

"Jalan ini sulit, tapi tekad politik kami sudah selesai," kata dia, menangani masalah yang terlihat akan mendominasi pertemuan negara G20 di Toronto akhir pekan ini.

Awal bulan ini, pemerintah Prancis tengah-kanan mengumumkan bahwa pihaknya bermaksud memangkas pengeluaran publik sebesar 100 miliar euro (124,0 miliar dolar) dalam tiga tahun ke depan, mencapai setengah dari ini dengan mengurangi pengeluaran dan setengah

dengan pendapatan baru.

Negara-negara Eropa pada Selasa menolak peringatan AS bahwa pemotongan anggaran terlalu cepat akan mengancam pemulihan yang rapuh.

Inggris mengumumkan pemotongan terberat dalam satu generasi, memangkas miliaran lebih belanja publik, menaikkan pajak dan bahkan mengumumkan reformasi pendanaan untuk rumah tangga Ratu dalam sebuah ayunan kebijakan radikal dan simbolis.

Kanselir Jerman Angela Merkel juga mengungkapkan langkah serupa kepada Presiden AS.

"Kemarin, selama percakapan telepon dengan Barack Obama, saya mengatakan kepadanya betapa pentingnya konsolidasi anggaran itu," kata Merkel.

Dia menambahkan, ia tidak percaya langkah-langkah penghematan dia yang telah diumumkan untuk Jerman, sebesar sekitar 80 miliar euro (98 miliar dolar) mulai tahun depan sampai dengan 2014, "akan memperlambat ekonomi global." (*)

AFP/A026/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010