Sambut Ramadhan, ACT ajak masyarakat bersedekah pangan

Sambut Ramadhan, ACT ajak masyarakat bersedekah pangan

Seorang warga mengambil kebutuhan pokok yang dibutuhkannya dari rak-rak Lumbung Sedekah Pangan ACT yang terletak di Masjid Asy Syakirin, Kelurahan Cipedak, Jagakarasa, Jakarta Selatan, Minggu (9/8/2020) (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Organisasi kemanusiaan Aksi Tanggap Darurat (ACT) mengajak masyarakat khususnya warga DKI Jakarta bersedekah pangan menyambut Ramadhan 1442 Hijriyah.

"Dengan mengajak masyarakat untuk bersedekah sebagai bahan bakar kebaikan yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas, khususnya selama Ramadhan," kata Presiden ACT Ibnu Khajar di Jakarta, Kamis.

Untuk itu, pihaknya menggaungkan "Aksi Tanpa Batas" yang diharapkan mendorong masyarakat termasuk kaum muslimin memiliki pilihan tanpa batas untuk bisa saling berbagi dan saling membantu sesuai kemampuan.

ACT juga akan membagi-bagikan takjil, makanan untuk berbuka dan sahur yang bahan makanannya diambil dari sekitar 7.000 UMKM binaan.

Baca juga: Pemprov DKI-ACT gelar buka bersama upaya hilangkan ketimpangan sosial
Baca juga: Pemprov DKI-ACT santap daging kurban olahan


"Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan", kata dia, mengajak masyarakat terlibat dalam meluaskan program-program pangan ACT dan Global Wakaf yang ditujukan untuk menciptakan ketahanan serta kedaulatan pangan bangsa.

Tak hanya "Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan", ACT juga mengajak masyarakat ambil bagian dalam 'Gerakan Sedekah Harian Ramadhan", minimal Rp10 ribu dan mengajak orang lain yang dimulai dari orang terdekat.

Gerakan itu diharapkan membantu masyarakat di saat ekonomi melesu akibat dampak pandemi COVID dan masyarakat terdampak bencana alam.

"Tak hanya dalam negeri, ACT akan menyalurkan sedekah masyarakat ke saudara yang tengah dilanda krisis dan konflik kemanusiaan di berbagai negara," kata Ibnu.
Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021