Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dikukuhkan sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) masa bakti 2021-2025 menyusul hasil Musyawarah Nasional Virtual keluarga besar Tarung Derajat pada 8 April 2021.

"Saat ini waktunya melebarkan sayap Tarung Derajat agar semakin mendunia. Salah satunya memperjuangkan agar Tarung Derajat turut dipertandingkan pada Sea Games XXXII tahun 2023 di Kamboja," kata Bambang di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan Tarung Derajat belum berhasil menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan pada SEAGames 2017 di Malaysia, SEA Games 2019 di Philipina, dan SEA Games 2021 di Vietnam.

Dia menilai Tarung Derajat bisa semakin mendunia dengan terlebih dahulu perlu menguatkan organisasi mulai dari tingkat pusat sampai provinsi, bahkan sampai tingkat cabang sebagai ujung tombak pengembangan.

"Tidak kalah penting juga mengaktifkan kembali keberadaan Federasi Internasional Tarung Derajat yang pernah ada. Sebagai pintu masuk ke kancah olahraga di tingkat regional dan internasional," kata dia.

Dia menilai semboyan Tarung Derajat "Aku Ramah Bukan Berarti Takut. Aku Tunduk Bukan Berarti Takluk" memiliki makna mendalam bahwa cabang olahraga ini bukan untuk gagah-gagahan, melainkan untuk menjaga kehormatan diri, bangsa, dan negara.

"Karena itu tidak heran jika Tarung Derajat digunakan sebagai bela diri resmi anggota TNI dan Polri. Bahkan juga masuk kurikulum resmi Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Intelijen Negara (STIN) dan kehebatannya sempat didemonstrasikan saat kelulusan dan inagurasi STIN," kata Bambang.

Baca juga: Tim DKI dominasi seleksi timnas kickboxing untuk SEA Games 2021

Sang Guru Tarung Derajat Haji Achmad Dradjat (Aa Boxer) menjelaskan, Tarung Derajat adalah ilmu, tindakan moral dan sikap hidup yang memanfaatkan kemampuan daya gerak otot, otak dan nurani secara realistis dan rasional.

Hal itu, menurut dia, terutama pada upaya penguasaan dan penerapan lima daya gerak moral, yaitu kekuatan, kecepatan, ketepatan, keberanian, keuletan.

"Kelima daya gerak itu pada sistem ketahanan dan pertahanan diri yang agresif dan dinamis pada bentuk-bentuk gerakan pukulan, tendangan, tangkisan, bantingan, kuncian, hindaran dan gerakan anggota tubuh penting lainnya," kata Achmad.

Menurut dia, petarung Tarung Derajat memiliki jiwa dan prilaku tidak menyombongkan diri bahkan terkesan  penurut dengan sikap yang tunduk demi menghindari keangkuhan.

Turut hadir dalam acara pengukuhan ini adalah Sang Guru Badai Meganagara Drajat dan Sang Guru Rimba Dirgantara Drajat.

Hadir secara virtual Ketua Umum PB KODRAT 2017-2021 Hary Tanoesoedibjo yang dipercaya menjadi Ketua Dewan Penasihat PB KODRAT 2021-2025, Sang Guru Dara Mentari Dradjat, serta 22 pengurus provinsi Tarung Derajat dari seluruh wilayah Indonesia.

Bambang mengajak Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (purn) Budi Gunawan menjadi Ketua Dewan Pembina PB KODRAT 2021-2025 dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Ketua Dewan Kehormatan PB KODRAT 2021-2025.

Baca juga: SEA Games 2021 pertandingkan delapan judul gim esportBaca juga: SEA Games 2021 pertandingkan delapan judul gim esport

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021