Kupang (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memerintahkan para pejabatnya untuk menghitung kerusakan lahan pertanian yang ada di NTT yang diakibatkan oleh badai Siklon Seroja pada Ahad (4/4) lalu.

"Masalah padi, jagung dan ternak akibat bencana alam ini akan saya hitung dan saya perintahkan dirjen untuk cepat menyusun agenda dan program nyata," katanya kepada wartawan di Kupang, Ahad.

Mentan menyebutkan penanganan dampak bencana alam di NTT saat ini merupakan salah satu perhatian utama Kementan.

Oleh karena itu, ia memerintahkan jajaran Kementan bersama pemerintah daerah untuk menyusun rumusan program yang tepat guna pemulihan produksi padi, jagung dan peternakan mengingat NTT merupakan sentra produksi jagung dan sapi.

Baca juga: Sebagian Desa Tunbaun di Kupang tenggelam diterjang Siklon Seroja

Baca juga: Jangan ada lagi lara di Adonara


"Saya hadir di sini untuk bangsa dan negara dan ini adalah perintah Bapak Presiden Jokowi. Untuk itu, hari ini memberikan bantuan darurat berupa sembako dan melihat pertanian yang terdampak ada padi, jagung dan peternakan yang habis terkena bencana alam untuk segera dilakukan upaya pemulihan," ujarnya.

Sebelum penyerahan bantuan ini, Mentan Syahrul bersama Bupati Kupang meninjau lahan pertanian dan peternakan yang terdampak bencana alam di Oesao, Kabupaten Kupang.

Syahrul menambahkan pihaknya pun tidak hanya membantu pemulihan budidaya padi, jagung dan peternakan, tapi juga bantuan program yang dapat meningkatkan perekomonian masyarakat.

Setiap rumah yang terdampak bencana alam diberikan bantuan bibit pisang varietas baru dihasilkan Badan Litbang Kementan hingga difasilitasi aspek hilirnya.

"Kita siapkan bibit pisang 100 ribu pohon, tanam setiap rumah, hasilnya sangat bagus, beda dengan pisang umumnya. Namun, yang saya inginkan bukan soal makan pisangnya, tapi hasilnya dikelola secara industri rumah tangga. Bikin kripik dalam kemasan yang bagus dan nilai jualnya tinggi," ujarnya.

Mentan juga sempat meninjau lokasi dampak banjir di Kabupaten Kupang serta melepas 20 truk yang membawa bantuan logistik serta bantuan untuk pertanian.

Kunjungan ini sebagai respon cepat Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan mengambil langkah strategis guna menangani dampak bencana alam khususnya mengembalikan produksi padi, jagung dan peternakan.

Sementara itu, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menegaskan kunjungan Mentan SYL tentunya tidak hanya menyerahkan bantuan sembako. Namun demikian, yang penting adalah untuk memberikan bantuan dan program pemulihan dan peningkatan hasil pertanian utama padi, jagung dan peternakan.

"Jadi bukan hanya menyerahkan sembako saja. Yang jelas kalau Pak Menteri Pertanian turun, artinya bantuan utamanya adalah untuk sektor pertanian," ujarnya.*

Baca juga: Bencana NTT, korban meninggal bertambah jadi 174 orang

Baca juga: BNPB susur sungai dan survei udara di lokasi terdampak di NTT

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021