Tangerang (ANTARA) - Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital Bekasi, dr. Widi Atmoko, Sp.U mengatakan metode tanpa operasi (tanos) untuk mengatasi batu ginjal memiliki keuntungan, karena tidak dilakukan pembedahan dan sayatan.

Ia mengatakan metode tanpa operasi (tanos) atau "Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy" (ESWL) merupakan tindakan penanganan batu ginjal yang aman tanpa memasukkan alat dan materi apapun ke dalam tubuh. Sebelum ESWL dilakukan, pasien akan menjalani pemeriksaan radiologi serta diberi obat penahan nyeri.

ESWL adalah salah satu tindakan penanganan awal pada pasien batu ginjal dengan cara memecah batu yang mengendap di ginjal menjadi pecahan yang halus agar mudah dikeluarkan oleh tubuh bersamaan dengan urine. "Pemecahan batu ginjal ini dilakukan dengan teknologi gelombang kejut," katanya di Tangerang Jumat.

Baca juga: Eka Hospital resmikan pusat layanan diabetes pertama

Baca juga: Hingga Sabtu malam, dua lagi perawat COVID-19 wafat


Eka Hospital Bekasi menyediakan layanan ESWL dengan penanganan yang komprehensif dari dokter spesialis. Tersedia dari Senin-Sabtu seharga Rp 8.990.000 dan treatment ini sudah mencakup jasa konsultasi dokter, kamar one day care  serta obat dan alat-alat kesehatan selama menjalani treatment. Calon pasien dapat melakukan registrasi di nomor WhatsApp 0-8888-90-5555 maksimum sehari sebelumnya.

Batu ginjal adalah pengendapan mineral atau garam dalam urin yang mengkristal dan membentuk “batu” di ginjal. Umumnya, batu ginjal sering dikaitkan dengan kurang minum karena saat tubuh terdehidrasi, mineral dan garam yang harusnya terbuang melalui urine akan mengendap.

Seseorang dengan aktivitas yang tinggi seringkali mengalami dehidrasi, terlebih saat harus tetap beraktivitas di tengah bulan puasa. Gejala yang biasanya dialami oleh pengidap batu ginjal adalah nyeri di pinggang yang hilang timbul, selalu ingin buang air kecil, hingga kencing berdarah pada kasus tertentu.

Baca juga: "Staghorn stone" bisa ditangani lewat operasi tanpa radiasi

Erwin Suyanto selaku Head of Marketing Corporate Eka Hospital menambahkan metode tanos merupakan solusi yang dihadirkan Eka Hospital bagi pasien yang memerlukan penanganan batu ginjal tanpa proses pembedahan dan sayatan.

Keuntungan lainnya adalah harga yang terjangkau serta menghemat waktu karena pasien bisa langsung pulang setelah melakukan ESWL. "Dengan demikian, pasien tidak perlu merasa khawatir untuk memeriksakan diri dan menjalani prosedur pengobatan jika mengalami batu ginjal," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021