Kemenkumham kembali salurkan donasi untuk korban bencana alam

Kemenkumham kembali salurkan donasi untuk korban bencana alam

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) kembali menyalurkan donasi senilai Rp500 juta untuk para korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT). ANTARA/HO-Kemenkumham

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) kembali menyalurkan donasi senilai Rp500 juta untuk para korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Seluruh jajaran Ditjen Pemasyarakatan ikut berbelasungkawa. Momentum Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-57 ini kita manfaatkan untuk membantu saudara-saudara kita di NTT yang sedang mengalami musibah," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Sesditjenpas) Kemenkumham RI Heni Yuwono melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa donasi tersebut merupakan wujud rasa empati petugas Ditjen Pemasyarakatan yang memiliki jiwa korsa tinggi sehingga ikut merasakan apa yang dialami masyarakat NTT.

"Kita di Indonesia adalah saudara, jika ada satu saudara kita yang terkena musibah siapapun di manapun dapat tergugah untuk membantu," katanya.

Baca juga: Donasi kemanusiaan Sulsel senilai Rp1miliar tiba di Kupang

Selain menyalurkan donasi untuk korban bencana di NTT, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Reynhard Silitonga memberikan donasi dan bingkisan kepada 70 orang petugas pengamanan, resepsionis, petugas kebersihan, pengemudi, dan teknikus di lingkungan Ditjenpas.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi kepada mereka yang senantiasa mendukung aktivitas di Ditjenpas.

"Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada rekan-rekan sekalian. Ini merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi kami kepada rekan-rekan," ujarnya.

Tidak hanya bagi korban bencana alam di NTT, bantuan juga diberikan kementerian itu kepada Panti Asuhan Muslimin, Jakarta Pusat. Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran Budi Sarwono berupa 25 bingkisan dan donasi.

Dengan jumlah yang sama, paket sembako dan donasi disumbangkan kepada juga bagi Panti Asuhan Hati Suci Jakarta Pusat.

Secara umum, pihaknya berhasil menggalang donasi hingga Rp1 miliar yang terkumpul dari petugas Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Bakti Sosial dari Pemasyarakatan untuk Indonesia tidak hanya terhenti di NTT dan Jakarta, donasi juga akan disalurkan ke wilayah lain yang terdampak bencana termasuk Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Pemprov Bali fasilitasi pengumpulan donasi korban banjir bandang NTT
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021