Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Red Bull Max Verstappen dengan tenang menjuarai Grand Prix Emilia Romagna yang kaotis pada Minggu, sedangkan Lewis Hamilton jarang-jarang melakukan kesalahan yang menyebabkannya harus puas sebagai runner-up.

Verstappen mencuri pimpinan lomba dari pole sitter Hamilton di tikungan pertama Sirkuit Imola, Italia itu, sebagai bekal menuju kemenangan pertamanya musim ini hingga finis pertama dengan margin tepat 22 detik dari sang juara dunia tujuh kali, demikian laman resmi F1.

Lando Norris dengan mobil McLaren melengkapi podium setelah tampil impresif dan finis P3 di depan duet Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz.

Setelah diguyur hujan di awal, balapan kedua musim 2021 itu sempat dihentikan sementara menyusul kecelakaan yang melibatkan pebalap Williams George Russell dan Valtteri Bottas dari tim Mercedes.

Baca juga: Russel dan Bottas tabrakan, GP Emilia Romagna dihentikan sementara
Baca juga: Verstappen tercepat, Hamilton P3 di latihan terakhir GP Emilia Romagna


Russell dan Bottas bersenggolan ketika melaju hampir 300kpj bertarung memperebutkan posisi menuju chicane pertama, sehingga tabrakan tak terelakkan yang menyebabkan serpihan bagian mobil mereka berceceran di trek.

Safety Car dikeluarkan menyusul insiden itu sebelum bendera merah dikibarkan di lap ke-34.

Lewis Hamilton juga sempat kehilangan kendali mobilnya ketika memburu pemimpin lomba Max Verstappen, hingga merusak sayap depan mobilnya ketika menabrak pagar pembatas dan kehilangan posisi ke P9.

Insiden itu terjadi sebelum kecelakaan Bottas dan Russell yang saling kesal. Kedua pebalap menyintas kecelakaan tanpa cedera dan kembali ke pit dan balapan harus start ulang.

"Sangat menantang di luar sana, khususnya di awal," kata Verstappen setelah lomba.

"Saya kira saya mengatur segalanya dengan baik, meski ada kesalahan kecil di restart saya. Ini musim yang panjang, harus tetap tenang."

Hujan deras yang mengguyur sebelum start menciptakan kondisi trek yang sangat sulit dengan separuh lintasan tergenang air dan separuhnya lagi kering, memaksa para pebalap mengawali balapan dengan ban basah.

Baca juga: Hamilton raih pole position ke-99 dalam karier pada GP Emilia Romagna
Baca juga: Perez merasa seharusnya di pole position


Sementara itu, Hamilton masih heran dengan kesalahan yang ia buat di trek hari itu.

"Selamat untuk Max dan Lando. Bagi saya, ini pertama kalinya saya membuat kesalahan setelah sekian lama. Saya sangat bersyukur bisa berada di sini, sangat sulit untuk melaju lagi. Saya mendapati pertarungan yang sangat menyenangkan dengan semuanya," kata Hamilton.

Verstappen pun membalikkan hasil di balapan pembuka di Bahrain tiga pekan lalu ketika ia naik di podium teratas dan Hamilton harus puas di P3.

Norris, bergabung dengan kedua seniornya itu untuk naik podium kedua kalinya, setelah finis ketika di Austria musim lalu.

Mengamankan satu poin setelah mencetak lap tercepat, Hamilton tetap menghuni puncak klasemen dengan unggul satu poin dari Verstappen sebelum menuju seri ketiga di Portugal pada 2 Mei mendatang.

Rekan satu tim Norris, Daniel Ricciardo membawa pulang poin di P6, dengan Lance Stroll, Pierre Gasly, Kimi Raikkonen dan Esteban Ocon melengkapi perinkat sepuluh besar dan menyumbangkan poin untuk Aston Martin, AlphaTauri, Alfa Romeo, dan Alpine.

Baca juga: Sainz akui belum temukan limit Ferrari
Baca juga: Grand Prix Miami masuk kalender F1 musim 2022

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021